Gelaran HUT ke 105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Lapangan Kodam Surabaya

awsnews.id
Foto: Tangkapan layar dari video @Satpol PP Surabaya/ARTIK.ID

SURABAYA | ARTIK.ID - Upacara HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan telah berlangsung dengan meriah di Lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya, Jumat (1/3/2024)

Upacara ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) Tito Karnavian sebagai inspektur upacara.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Lebih dari 1.050 peserta mengikuti upacara ini, termasuk seluruh Kepala Damkar Mandiri se-Indonesia, Direktur Jenderal Kemendagri, perwakilan kabupaten dan kota se-Jawa Timur, dan Forkopimda Kota Surabaya maupun Jawa Timur.

Kota Surabaya mendapat kehormatan untuk menampilkan demonstrasi penanganan pemadaman api dengan teknologi terbaru yang cepat dan efisien di puncak acara.

Sebelumnya, rangkaian acara HUT ke-105 Pemadam Kebakaran telah berlangsung sejak tanggal 27-29 Februari 2024 di Politeknik Penerbangan Surabaya.

Salah satu acara yang menarik perhatian adalah Kompetisi Keterampilan Aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tingkat Nasional Tahun 2024 (National Firefighter Skill Competition 2024).

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta turut berpartisipasi dalam kompetisi ini dengan berperan sebagai tim juri dalam tiga kategori perlombaan, yaitu hose laying, ladder pitching, dan survival.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, beserta jajarannya hadir dalam kompetisi ini untuk memberikan semangat kepada tim yang bertanding.

"Saya berpesan kepada seluruh jajaran, banggalah menjadi seorang petugas pemadam kebakaran," ujar Satriadi.

Menurutnya, tidak semua orang memiliki kebanggaan tersebut. Hanya petugas pemadam kebakaran yang diberikan amanah untuk bisa menjalankan pertolongan dan penyelamatan bagi masyarakat di Indonesia.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ini menjadi momen penting untuk meningkatkan profesionalisme dan sinergi antara seluruh pihak dalam upaya penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di Indonesia.

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Gelaran HUT ke 105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Lapangan Kodam Surabaya". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru