Kunjungan Ali Baham ke Dekranasda Disambut dengan Prosesi Adat Injak Piring

awsnews.id
Foto: Dok Prov Papua Barat/ARTIK.ID

MANOKWARI | ARTIK.ID - Penjabat Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, MTP, didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, mengunjungi kantor Dekranasda pada hari Senin (4/3/2024).

Sebagai pelindung Dekranasda, kunjungan orang nomor satu di Papua Barat ini disambut dengan prosesi adat, seperti injak piring, pengalungan manik-manik, dan mahkota.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Dalam kesempatan itu, Ali Baham mengajak seluruh pengurus Dekranasda Papua Barat untuk memahami visi, misi, dan tujuan organisasi. Hal ini penting untuk dijadikan pedoman dalam menyusun langkah-langkah kerja ke depan.

"Organisasi ini harus hidup, tumbuh, dan bermanfaat. Kita harus tahu bersama, organisasi ini hadir untuk apa, mengapa sampai ada organisasi ini, siapa-siapa yang mulai memprakarsai, dan apa yang ada di pikiran mereka," kata Ali Baham.

Ia menegaskan bahwa langkah-langkah organisasi harus sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, penting untuk memahami latar belakang dan tujuan organisasi.

Lebih lanjut, Ali Baham meminta Dekranasda Papua Barat untuk mempelopori sayembara batik, terutama dalam mengangkat motif-motif kearifan lokal dari berbagai daerah di wilayah Kasuari.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Saya berharap, ke depan ada semacam ide untuk membuat batik mengikuti perkembangan dengan mengambil motif-motif dari kearifan lokal, misalnya Kaimana, Bintuni, Wondama, Manokwari, dan FakFak," paparnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, memohon arahan dari Ali Baham sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas-tugas melestarikan budaya dan kearifan lokal.

"Saya mohon dukungan semua pengurus, karena saya tidak bisa bekerja sendiri. Oleh sebab itu, mari kita bersama membawa Dekranasda Papua Barat ke depan menjadi lebih baik. Kami mohon Bapak Ali Baham untuk memberikan arahannya kepada kami semua, terkait bagaimana langkah selanjutnya," kata Siti Mardiana.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(ark)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Kunjungan Ali Baham ke Dekranasda Disambut dengan Prosesi Adat Injak Piring". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru