I Wayan Darmika Apresiasi Kolaborasi Desa Sibanggede: Sinergi Antara Desa Dinas, Desa Adat, dan LPD

awsnews.id
I Wayan Darmika Apresiasi Kolaborasi Desa Sibanggede: Sinergi Antara Desa Dinas, Desa Adat, dan LPD

BADUNG | ARTIK.ID - I Wayan Darmika, Kepala Desa Dinas  Sibanggede, Badung, menyambut baik kolaborasi yang terjalin antara Desa Dinas, Desa Adat, dan Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Dalam wawancara khusus dengan awak media pada Rabu, 6 Maret 2024, Darmika mengungkapkan pentingnya sinergi ini dalam mencapai tujuan bersama, yakni kemakmuran dan kemajuan masyarakat Sibanggede.

Dalam keterangannya, I Wayan Darmika menekankan pentingnya kolaborasi antara Desa Dinas dan Desa Adat, terutama dalam kegiatan yang berkaitan dengan upacara adat. Darmika menyatakan bahwa sinergi ini diperlukan, terutama dalam mengakomodir kegiatan upacara adat ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES).

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

"Dalam kaitannya dengan APBDES, apa yang menjadi usulan dari desa adat ke desa dinas, bagaimana kegiatan upacara itu bisa diakomodir di APBDES yang penting sudah terkonsep dan terprogram," ungkap I Wayan Darmika. "Sinergitas antara desa adat dan desa dinas sangat perlu dan baik sekali. Mudah-mudahan ini terus berlanjut dengan baik, baik dari pengajuan program sampai dengan pelaksanaan, sehingga kita benar-benar menjadi desa yang komunikatif dan dapat menumbuhkan hasil positif untuk kemajuan masyarakat kita."

Darmika juga memberikan apresiasi terhadap peran positif Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang dimiliki oleh desa adat. Ia menyebutkan bahwa LPD sebagai lembaga keuangan di desa adat mampu menopang dan mendukung setiap kegiatan yang ada di desa adat, terutama dari segi operasional. Menurutnya, LPD sudah mampu menyatu dengan adatnya dan aktif terlibat dalam berbagai kegiatan desa adat.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"LPD sudah bisa menyatu dengan adatnya yang berkaitan dengan kegiatan yang ada di desa adat. Saya sangat berterima kasih karena LPD sudah bisa menopang dan mensupport setiap kegiatan di desa adat," tambah Darmika.

Kolaborasi yang terbangun antara Desa Dinas, Desa Adat, dan LPD di Desa Sibanggede diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi desa-desa lain dalam memajukan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan melalui pendekatan yang holistik dan terpadu.(Tim)

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "I Wayan Darmika Apresiasi Kolaborasi Desa Sibanggede: Sinergi Antara Desa Dinas, Desa Adat, dan LPD". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru