Eri Cahyadi Resmikan Serambi Ampel, Wajah Baru Kawasan Wisata Bekas RPH Babi

awsnews.id
Foto: Dok Satpol PP Surabaya/ARTIK.ID

SURABAYA | ARTIK.ID - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Serambi Ampel, sebuah kawasan kuliner baru di kawasan wisata religi Sunan Ampel. Peresmian ini menandai langkah awal penataan kawasan Kota Lama dan wisata religi Sunan Ampel yang ditargetkan tuntas pada Mei 2024.

Serambi Ampel menempati bekas Rumah Potong Hewan (RPH) Babi Pegirian yang telah difungsikan ulang. Di tempat ini, terdapat berbagai kuliner khas makanan dan minuman yang sebelumnya dijajakan oleh PKL di sekitar Jalan Pegirian, Jalan Nyamplungan, dan Jalan KH Mas Mansyur.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Eri Cahyadi menyebut, Pemkot Surabaya telah merelokasi pedagang di sekitar Jalan Pegirian, Jalan Nyamplungan, dan Jalan KH Mas Mansyur secara bertahap.

"Sosialisasi kepada pedagang, tokoh masyarakat, dan warga setempat telah dilakukan sebelumnya," ungkapnya.

Penataan ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung dan peziarah di kawasan Kota Lama dan wisata religi Sunan Ampel.

"Saya berharap seluruh fasilitas yang disediakan Pemkot Surabaya di kawasan ini terkoneksi satu sama lain," ujar Eri Cahyadi.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Tidak hanya itu, Sentra Wisata Kuliner (SWK) Pegirian juga akan diubah total menjadi kawasan religi yang terkoneksi dengan Serambi Ampel. Nantinya, SWK Pegirian akan menjadi tempat berjualan aksesoris dan pernak-pernik khas Ampel.

Hal serupa juga disampaikan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (Dinkopumdag) Kota Surabaya, Dewi Soeriyawati. Pihaknya akan melanjutkan penataan pedagang di SWK Pegirian setelah Serambi Ampel.

"Semoga nanti setelah semua pedagang masuk ke tempat yang disediakan, tidak ada lagi PKL yang berjualan di pinggir jalan," pungkas Dewi Soeriyawat

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Eri Cahyadi Resmikan Serambi Ampel, Wajah Baru Kawasan Wisata Bekas RPH Babi". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru