KRI Diponegoro-365 Latihan Bersama Kapal Perang NATO di Perairan Mediterania, Lebanon

awsnews.id
Foto: Dok Koarmada II/ARTIK.ID

SURABAYA | ARTIK.ID - KRI Diponegoro-365, sebagai bagian dari MTF 448 UNIFIL, telah melaksanakan beberapa rangkaian latihan dengan salah satu kapal perang North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Tepatnya latihan bersama Kapal Perang Italia ITS Carlo Bergamini F-590 di wilayah operasi maritim (Area of Maritime Operation) di perairan Mediterania, Lebanon.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Beberapa latihan yang dilaksanakan meliputi, Helo Ops (Latihan operasi helikopter), Maneuvering Exercise (Latihan manuver kapal), Mailbag Transfer (Latihan transfer surat dan barang), serta Photex (Latihan fotografi di laut).

Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, yang juga merupakan Komandan KRI DPN 365 dan Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL, dalam siaran pers, yang dikutip dari Koarmada II, Rabu (13/3), mengatakan, tujuan latihan tersebut untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua angkatan laut, menyamakan persepsi dalam prosedur, dan melatih para prajurit khususnya dalam kerja sama latihan bersama.

Latihan dipimpin langsung oleh Komandan Comando Prima Divisione Navale - COMDINAV UNO, Laksamana Muda (RDML) Stefano Frumento, mereka menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada KRI Diponegoro baik melalui komunikasi radio langsung maupun melalui surat resmi.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Latihan ini berawal dari inisiatif dan permintaan dari ITS Bergamini," kata Letkol Laut (P) Wirastyo.

Hal ini didasarkan pada semakin eratnya hubungan antara TNI AL dengan Regia Marina (Angkatan Laut Italia) serta penilaian subyektif mengenai kemampuan dan profesionalisme KRI Diponegoro di antara unsur-unsur MTF yang terlibat.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "KRI Diponegoro-365 Latihan Bersama Kapal Perang NATO di Perairan Mediterania, Lebanon". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru