Banyuwangi Festival Comback, Ipuk Fiestiandani Sebut 79 Event Spektakuler Telah Disiapkan

awsnews.id
Foto: Official International Banyuwangi Tour, Dok 2019/ARTIK.ID

BANYUWANGI | ARTIK.ID - Setelah vakum empat tahun akibat Covid-19, Banyuwangi Festival (B-Fest) kembali hadir dengan gegap gempita, menghadirkan 79 event spektakuler yang siap memanjakan wisatawan sepanjang tahun 2024.

Baca Juga: Ipuk Fiestiandani Gelar Festival Ngerandu Buko, Tradisi Berburu Takjil di Banyuwangi

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Salah satu bintang utama B-Fest tahun ini adalah International Banyuwangi Tour de Ijen (ITdBI), kejuaraan balap sepeda dunia yang dinanti-nanti para pecinta olahraga. ITdBI akan meramaikan kalender B-Fest bersama 78 event lainnya, meliputi festival budaya, musik, kuliner, dan tradisi lokal yang tak kalah menarik.

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC), festival budaya yang penuh warna dan energik, akan kembali digelar pada 9-14 Juli. Kemegahan kostum dan tarian tradisional yang dipadukan dengan sentuhan modern akan memanjakan mata para pengunjung.

Bagi pecinta musik, Banyuwangi Jazz Festival pada 24 Agustus menghadirkan alunan musik jazz merdu dari musisi-musisi ternama. Sementara tradisi Kebo-keboan yang unik dan penuh makna akan digelar pada 21 Juli, menampilkan atraksi budaya yang sarat nilai-nilai luhur.

Foto: Official International Banyuwangi Tour, Dok 2019/ARTIK.ID

Baca Juga: Mengarungi Bulan Suci Ramadan, Khofifah Indar Parawansa Sibuk Memperkuat Shodaqoh

Dua event unggulan B-Fest, Gandrung Sewu dan BEC, kembali masuk dalam Kalender Event Nasional (KEN) Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal ini menunjukkan pengakuan nasional atas kualitas dan daya tarik B-Fest sebagai salah satu festival terbaik di Indonesia.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjelaskan bahwa 79 event B-Fest 2024 merupakan hasil seleksi ketat dari berbagai usulan yang diajukan oleh berbagai pihak.

“ITdBI, misalnya, banyak diminati masyarakat untuk kembali digelar. Para kurator telah menyeleksi dengan cermat event-event yang masuk dalam kalender B-Fest 2024,” ungkap Bupati Ipuk.

Gelaran itu akan berlangsung pada 22-25 Juli 2024, tak hanya menyajikan atraksi sport tourism yang memukau, tetapi juga memberikan dampak positif bagi ekonomi dan sosial masyarakat.

“Setiap bulan, akan ada belasan event menarik di Banyuwangi. Hal ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan domestik dan mancanegara,” kata Ipuk.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Lebih dari sekadar festival, B-Fest diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi dan menjadi alat konsolidasi bagi masyarakat Banyuwangi.

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Banyuwangi Festival Comback, Ipuk Fiestiandani Sebut 79 Event Spektakuler Telah Disiapkan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru