Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif di Jambi Melalui Kelana Nusantara

awsnews.id
Istimewa

JAMBI | ARTIK.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) peserta Kelana Nusantara di Teanol Cafe, Jambi, Minggu (17/3).

Sandiaga mendorong penguatan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Jambi dengan menghadirkan acara Kelana Nusantara. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Kelana Nusantara merupakan forum yang menyerap aspirasi dari para pelaku ekonomi kreatif. Forum ini dijadikan sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari bawah, yang dikenal dengan istilah Bottom Up, agar dapat dijadikan masukan dan evaluasi untuk pembangunan ke depan.

Menparekraf menyatakan bahwa provinsi Jambi memiliki potensi ekonomi kreatif yang beragam. Oleh karena itu, ekosistem parekraf perlu diperkuat dan dikembangkan untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024.

"Kelana Nusantara kami hadirkan untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif. Kami melihat potensi yang dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja," ujarnya.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Menparekraf juga mendorong Pemerintah Kota Jambi untuk mengajukan uji petik Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif. Langkah ini bertujuan untuk menentukan subsektor yang menjadi unggulan di Jambi. Mengingat bahwa pelaku ekonomi kreatif sebagian besar berasal dari kalangan pelaku UMKM yang menyumbang 97 persen lapangan kerja di Indonesia.

"UMKM memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan kerja. Dengan memberdayakan UMKM, lapangan kerja di Jambi akan terbuka lebih luas," pungkasnya.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif di Jambi Melalui Kelana Nusantara". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru