Di Balik Erotisme Joged Bumbung Bali, Ada Filosofi Syukur Mendalam pada yang Kuasa

awsnews.id
Foto, Rekayasa tangkapan layar Video Tari Bumbung Bali

SURABAYA | ARTIK.ID - Joged Bumbung merupakan salah satu tarian tradisional dan pergaulan di Bali yang telah ada sejak tahun 1940-an. Diperkirakan berasal dari daerah Buleleng, tarian ini awalnya diciptakan oleh para petani untuk menghibur diri saat istirahat setelah bekerja di lumbung.

Dilansir dari Wikipedia, Joged Bumbung memiliki makna yang mendalam, yaitu mencerminkan rasa syukur atas hasil panen dan kebersamaan masyarakat Bali. Tarian ini juga menjadi simbol kegembiraan dan semangat hidup.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Karakteristik dan Keunikan

Joged Bumbung ditarikan oleh penari wanita dengan gerakan yang lincah dan dinamis. Tarian ini bersifat partisipatif, di mana penari wanita dapat mengajak penonton pria untuk menari bersama.

Keunikan Joged Bumbung terletak pada improvisasi yang dilakukan oleh penari. Improvisasi ini meliputi gerakan, mimik wajah, dan interaksi dengan penonton.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Perkembangan dan Tantangan

Joged Bumbung telah mengalami berbagai perkembangan dan perubahan seiring waktu. Salah satu perkembangannya adalah munculnya Tari Agirang yang terinspirasi dari Joged Bumbung dengan tujuan mengubah persepsi masyarakat terhadap tarian ini yang kian negatif karena munculnya banyak improvisasi erotis.

Meski begitu, di tengah maraknya penampilan Joged Bumbung yang kian erotis di media sosial, beberapa sekaa tari masih berusaha melestarikan pakem tari Joged Bali klasik yang mengutamakan nilai etika.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Di Balik Erotisme Joged Bumbung Bali, Ada Filosofi Syukur Mendalam pada yang Kuasa". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru