Jatuh Bangun dalam Perjalanan Panjang Hari Film Nasional yang Diperingati Tiap 30 Maret

awsnews.id
Darah dan Doa, karya Usmar Ismail

SURABAYA | ARTIK.ID - Pada tanggal 30 Maret 1950, film "Darah dan Doa" karya Usmar Ismail memulai pengambilan gambar pertamanya.Film ini menjadi tonggak sejarah perfilman Indonesia karena merupakan film pertama yang disutradarai dan diproduksi oleh orang dan perusahaan Indonesia, yaitu Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia).

Pada 11 Oktober 1962, Hari Film Nasional ditetapkan dalam konferensi Dewan Film Nasional dengan Organisasi Perfilman. Tanggal ini dipilih untuk menghormati peran penting Usmar Ismail dan Djamaludin Malik (pendiri Persari) sebagai Bapak Perfilman Nasional.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Perjalanan Menuju Hari Film Nasional

19 September: Diusulkan karena tanggal peliputan Rapat Raksasa Lapangan Ikada oleh juru kamera Berita Film Indonesia yang penuh keberanian.

Usulan Komunis: Ingin menjadikan Hari Film Nasional berdasarkan tanggal pendirian PAPFIAS (Panitia Aksi Pemboikotan Film Imperialis Amerika Serikat) yang berhasil menghentikan pemutaran film-film Amerika Serikat di Indonesia. Usulan ini lenyap setelah peristiwa G30S.

1980-an: Gagasan Hari Film Nasional diangkat kembali, namun gagal karena usulan PFN (19 September dan 6 Oktober) tidak mengandung idealisme perjuangan.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Awal 1990: Dewan Film Nasional menjaring pendapat dan akhirnya memilih 30 Maret karena tanggal ini lebih tepat untuk memperingati pembuatan film cerita.

Lalu pada tahun 1999, Hari Film Nasional disahkan secara resmi oleh B.J. Habibie melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) Nomor 25 Tahun 1999.

Kemudian sejak penetapan itu, Hari Film Nasional diperingati setiap tanggal 30 Maret untuk mengenang tonggak sejarah perfilman Indonesia dan peran penting para pelopornya. Namun dalam ketetapan itu juga disebutkan kalau Hari Film Nasional bukan Hari Libur Nasional.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Jatuh Bangun dalam Perjalanan Panjang Hari Film Nasional yang Diperingati Tiap 30 Maret". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru