Aset LPD Desa Adat Sibangkaja Kini Tembus Rp 146 Miliar, dengan Kontribusi ke Desa Adat Rp 500 Juta

awsnews.id
Pemucuk LPD Desa Adat Sibangkaja Badung I Made Sudana, SH,

BADUNG | ARTIK.ID - LPD Desa Adat Sibangkaja, yang ada di kabupaten Badung di bawah Pemucuk I Made Sudana, SH, mengalami perkembangan yang signifikan dalam pengelolaan aset. Berdasarkan wawancara pada Kamis, 18 April 2024, di kantor LPD Sibangkaja Badung, Sudana mengungkapkan bahwa dalam semester pertama tahun ini, aset LPD tersebut telah mencapai nilai fantastis, mencapai Rp 146 miliar.

"Saat ini, kami bangga mengumumkan bahwa aset LPD Desa Adat Sibangkaja telah mencapai nilai yang mengesankan, membuktikan komitmen kami dalam pengembangan ekonomi lokal," ujar Sudana.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Sudana juga menyoroti kontribusi LPD terhadap Desa Adat Sibangkaja, selama ini dalam dalam satu tahun telah mencapai Rp 500 juta. "LPD tidak hanya menjadi motor penggerak ekonomi, tetapi juga menjadi sumber pemasukan bagi desa adat penting untuk kemajuan Adat Budaya, tradisi khususnya dalam hal menunjang pembangunan di desa adat Sibangkaja sebagai satu satu-satunya Lembaga Keuangan Milik Adat " tambahnya.

Dalam konteks ini, Sudana menyebutkan bahwa animo masyarakat terhadap LPD terus meningkat, terutama dalam memanfaatkan layanan Kredit Usaha Krama (KUK). "Kami melihat peningkatan yang signifikan dalam partisipasi masyarakat, yang mencerminkan kepercayaan yang kuat terhadap peran LPD dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal," jelas Sudana.

Terkait suku bunga KUK, Sudana menjelaskan bahwa LPD telah menurunkan suku bunga menjadi 0,49 persen, sejalan dengan upaya pemerintah dan lembaga keuangan untuk memberikan akses modal yang lebih mudah murah kepada masyarakat.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan peran kami baik di desa adat lewat dana pembangunan sebesar 20 persen dari laba LPd setiap tahunnya, di sisi lain LPd juga ikut menunjang kelancaran Upacara di desa adat lewat punia di setiap upacara yang di laksanakan di pura kayangan tiga di mana total dana yang LPd mampu kontribusikan ke desa adat dalam satu tahun sudah mencapai Rp 500 Juta lebih. Kami juga terus memberikan kemudahan akses modal kepada masyarakat, sambil tetap menjaga prinsip-prinsip ke hati hatian, integritas dan transparansi," tegas Sudana.

Sudana juga menegaskan bahwa LPD Sibangkaja terus berupaya untuk memperbaiki proses peminjaman agar lebih inklusif, memastikan bahwa lebih banyak masyarakat dapat memanfaatkan prodak jasa layanan LPd.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Dengan pencapaian luar biasa ini, Sudana mengajak masyarakat Sibangkaja untuk terus mendukung dan berkolaborasi dengan LPD Sibangkaja. "Kami yakin, dengan sinergi antara pengurus pengawas dan karyawan LPD serta masyarakat, kami dapat mencapai lebih banyak prestasi dan memberikan asas manfaat yang lebih besar bagi seluruh Masyarakat Desa Adat," tutupnya.(*)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Aset LPD Desa Adat Sibangkaja Kini Tembus Rp 146 Miliar, dengan Kontribusi ke Desa Adat Rp 500 Juta". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru