Korea Utara dan Rusia Sepakati Kerja Sama Militer dan Politik

awsnews.id
Russian Defense Minister Sergey Shoigu and North Korean leader Kim Jong Un © Vadim Savitsky/TASS

JAKARTA | ARTIK.ID - Dilansir dari lapor radio Voice of Korea, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertemu Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu di Vladivostok, mereka membahas kerja sama pertukaran antara angkatan bersenjata kedua negara dan urusan internasional.

Kamerad Kim Jong Un mengungkapkan kegembiraannya bisa bertemu kembali dengan Sergey Shoigu dan memuji perkembangan, modernitas, dan kepahlawanan angkatan bersenjata Rusia yang andal mempertahankan kedaulatan negara dan kepentingan pembangunan negara.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

"Kim Jong Un dan Sergey Shoigu bertukar pandangan tentang regional, keadaan militer, politik internasional serta bertukar pandangan konstruktif mengenai isu-isu yang berkaitan dengan penguatan interaksi taktis dan strategis, kerja sama dan pertukaran timbal balik antara angkatan bersenjata kedua negara, serta di bidang pertahanan dan keamanan,” kata laporan itu.

Selama di Vladivostok, Kim juga memeriksa fregat Marsekal Shaposhnikov dan persenjataannya seperti sistem rudal anti-kapal Uran dan sistem rudal jelajah serba guna Kalibr, serta sistem artileri otomatis A-190 100mm.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Pemimpin Korea Utara itu tiba di Rusia atas undangan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pada 13 September, mereka mengadakan pembicaraan di Pelabuhan Antariksa Vostochny yang melibatkan delegasi dari negara mereka dan juga bertemu empat mata.

Kim sebelumnya pernah mengunjungi Rusia pada April 2019. Ia dan Putin kemudian melakukan pembicaraan di Vladivostok. Itu adalah pertemuan pertama mereka.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Korea Utara dan Rusia Sepakati Kerja Sama Militer dan Politik". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru