IHSG Melemah, Saham ICON dan META Menjadi yang Paling Menguntungkan

awsnews.id
IHSG Melemah, Saham ICON dan META Menjadi yang Paling Menguntungkan

JAKARTA | ARTIK.IDv - Pasar saham Indonesia mengalami pelemahan pada Kamis (21/9) kemarin. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun 0,42% ke level 6.105,88. Namun, di tengah kondisi tersebut, ada beberapa saham yang berhasil mencatatkan kenaikan signifikan dan memberikan keuntungan bagi para pelakunya.

Salah satunya adalah saham PT Island Concepts Indonesia Tbk (ICON), yang naik 34% hingga menyentuh batas atas atau auto reject atas (ARA). Saham perusahaan yang bergerak di bidang properti dan pengembangan wisata ini ditutup pada harga Rp 67 per saham, naik Rp 17 dari harga sebelumnya Rp 50 per saham. Harga terendahnya diperdagangkan di level Rp 50 per lembar.

Baca juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Saham ICON menjadi saham dengan kenaikan tertinggi di bursa kemarin, menggeser posisi PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) yang sebelumnya berada di puncak daftar top gainers. Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan bahwa volume perdagangan saham ICON mencapai 30,32 juta lembar dengan nilai transaksi Rp 1,93 miliar. Aksi jual asing tercatat sebanyak 772.900 lembar, sementara aksi beli asing nihil.

Saham lain yang mencuri perhatian adalah PT Meta Epsi Tbk (META), yang naik 30,96% hingga ditutup pada harga Rp 165 per saham. Saham perusahaan yang bergerak di bidang media dan hiburan ini naik Rp 39 dari harga sebelumnya Rp 126 per saham. Harga tertingginya diperdagangkan di level Rp 170 dan terendahnya Rp 126 per saham.

Baca juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Volume perdagangan saham META mencapai 891,51 juta lembar dengan nilai transaksi Rp 137,52 miliar. Aksi beli asing tercatat sebanyak 22,21 juta lembar, lebih banyak dari aksi jual asing sebanyak 21,28 juta lembar. Saham META mendapat sentimen positif dari rencana akuisisi PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), yang merupakan pemegang saham pengendali META.

Kedua saham ini menunjukkan bahwa masih ada peluang untuk mendapatkan keuntungan di pasar saham meskipun IHSG melemah. Tentu saja, para investor harus tetap berhati-hati dan melakukan analisis yang mendalam sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham-saham tertentu.

Baca juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "IHSG Melemah, Saham ICON dan META Menjadi yang Paling Menguntungkan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

Politik & Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru