Mencari Tahu Kesamaan dan Perbedaan Kata Arti dan Makna

author awsnews.id

- Pewarta

Kamis, 28 Sep 2023 07:40 WIB

Mencari Tahu Kesamaan dan Perbedaan Kata Arti dan Makna

i

Mencari Tahu Kesamaan dan Perbedaan Kata Arti dan Makna

SURABAYA | ARTIK.ID - Arti dan makna adalah dua kata yang sering digunakan dalam kajian bahasa, sastra, dan filsafat. Banyak kesamaan dari keduanya, dalam suatu kondisi kata arti dan makna bisa saling menggantikan satu sama lain, namun pada situasi tertentu kedua kata tersebut bisa sama sekali berbeda.

Jika merujuk pada kamus Besar Bahasa Indonesia, dua istilah di atas memang memiliki persamaan atau bersinonim, namun begitu keduanya tidak bisa disamakan

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Arti adalah sesuatu yang melekat pada kata, frasa, kalimat, atau simbol. Arti dapat diketahui dengan menggunakan kamus, tata bahasa, atau konteks.

Arti bersifat objektif dan tidak bergantung pada penafsiran pembaca atau pendengar. Contoh: Arti kata "kucing" adalah hewan mamalia yang berkaki empat, berbulu, dan berkumis.

Sedangkan makna adalah sesuatu yang timbul dari hubungan antara kata, frasa, kalimat, atau simbol dengan situasi, latar belakang, atau tujuan komunikasi.

Makna dapat bervariasi tergantung pada sudut pandang, pengalaman, atau nilai-nilai pembaca atau pendengar.

Makna bersifat subjektif dan dapat menimbulkan berbagai reaksi atau tanggapan. Contoh: Makna kata "kucing" bagi seorang pecinta hewan mungkin adalah teman, peliharaan, atau keluarga; sedangkan bagi seorang alergi bulu mungkin adalah musuh, gangguan, atau ancaman.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan arti dan makna adalah sebagai berikut:

Arti adalah sesuatu yang melekat pada kata, frasa, kalimat, atau simbol; sedangkan makna adalah sesuatu yang timbul dari hubungan antara kata, frasa, kalimat, atau simbol dengan situasi, latar belakang, atau tujuan komunikasi.

Arti bersifat objektif dan tidak bergantung pada penafsiran pembaca atau pendengar; sedangkan makna bersifat subjektif dan dapat bervariasi tergantung pada sudut pandang, pengalaman, atau nilai-nilai pembaca atau pendengar.

(Tim_redaksi)

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

 

 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Mencari Tahu Kesamaan dan Perbedaan Kata Arti dan Makna". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU