Palestina-Israel Mencekam, Hamas Baru Terjunkan 2000 dari 40.000 Pejuang

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 10 Okt 2023 23:00 WIB

Palestina-Israel Mencekam, Hamas Baru Terjunkan 2000 dari 40.000 Pejuang

i

Palestina-Israel Mencekam, Hamas Baru Terjunkan 2000 dari 40.000 Pejuang

JAKARTA | ARTIK.ID - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan peluncuran operasi besar-besaran melawan Hamas di Jalur Gaza, sementara kelompok militan Palestina Hamas mengatakan mereka tidak memiliki rencana untuk menegosiasikan nasib orang-orang yang mereka sandera selama pertempuran terus berlanjut.

Sementara itu, Moskow sedang melakukan upaya untuk mengklarifikasi apakah ada warga negara Rusia di antara para sandera. Kementerian Luar Negeri Rusia juga berupaya mengevakuasi warga Rusia dari zona konflik. Menurut kedutaan Rusia, dua warga Rusia tewas dalam serangan Hamas.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Korban
Lebih dari 900 warga Israel tewas dan lebih dari 2.600 lainnya terluka dalam serangan Hamas. Selain itu, Israel telah menderita 123 korban militer sejak serangan dimulai, The Times of Israel melaporkan.

Menurut laporan terbaru, serangan balik israel telah menyebabkan lebih dari 780 warga Palestina tewas, dan lebih dari 4.000 orang terluka. Lima wartawan Palestina di Gaza juga tewas. Jumlah orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka di Jalur Gaza telah meningkat menjadi 137.000, menurut data PBB.

Operasi tempur
IDF saat ini sedang melakukan serangan besar-besaran terhadap sasaran militan Hamas di Jalur Gaza. Juga, gudang senjata dan pos komando telah diserang. Sirene terdengar lagi di Beer Sheva dan daerah Negev.

"Selain itu, pesawat tentara IDF juga menyerang titik penyeberangan Rafah di perbatasan dengan Mesir dan Gaza," lapor Al Arabiya, mengutip Kementerian Dalam Negeri Palestina.

Pejabat Hamas Ali Barakeh mengatakan kepada Associated Press dalam sebuah wawancara bahwa, sejauh ini, hanya sekitar 2.000 pejuang, dari 40.000 tentara, yang ambil bagian dalam pertempuran terbaru di Gaza.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Sementara itu IDF memanggil 300.000 tentara cadangan dalam rentang waktu 48 jam di tengah pertempuran, juga telah memulangkan ratusan tentara Israel kembali dari Eropa.

Juru Bicara IDF Daniel Hagari melaporkan bahwa IDF telah mengevakuasi penduduk dari seluruh pemukiman yang berdekatan dengan Gaza dan memperingatkan bahwa siapa pun yang mendekati Israel akan dibunuh.

Helikopter IDF menghancurkan pasukan hamas yang menyusup ke wilayah Israel dekat Kibbutz Zikim di selatan negara itu.

Dalam keadaan genting itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memerintahkan agar pusat koordinasi dibentuk untuk mencari warga Israel yang hilang menyusul serangan pejuang Hamas.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Evakuasi warga asing sedang berlangsung. Polandia telah mengevakuasi lebih dari 600 warga negaranya, sementara Bukares telah mengevakuasi hampir 600 warga Rumania. Italia sedang mengevakuasi sekitar 200 orang, sementara Kazakhstan telah menjalankan penerbangan untuk mengevakuasi warganya dari Israel.

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Palestina-Israel Mencekam, Hamas Baru Terjunkan 2000 dari 40.000 Pejuang". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU