Analis Politik Unas Bilang, Pasangan Capres-Cawapres Harus Ada yang dari Luar Jawa

author awsnews.id

- Pewarta

Kamis, 19 Okt 2023 15:45 WIB

Analis Politik Unas Bilang, Pasangan Capres-Cawapres Harus Ada yang dari Luar Jawa

i

Analis Politik Unas Bilang, Pasangan Capres-Cawapres Harus Ada yang dari Luar Jawa

JAKARTA | ARTIK.ID - Paslon capres dan cawapres sebaiknya mencerminkan keseimbangan antara Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa.

Pernyataan itu disampaikan oleh analis politik dari Unas, Alfan Alfian. Menurutnya sampai saat ini belum ada calon yang berasal dari luar Pulau Jawa.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

"Kombinasi presiden dan wakil presiden yang ideal pernah terjadi dalam sejarah adalah Sukarno-Hatta yang mewakili tokoh Jawa dan luar Jawa. Jadi kalau ada cawapres dari luar Jawa itu sudah sesuai dengan harapan publik," kata Alfan di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Dia menyebut, tokoh luar Jawa juga memiliki potensi yang baik dalam memimpin bangsa. keseimbangan tokoh luar Jawa juga akan memberikan banyak manfaat dari segi kebersamaan, persatuan, dan pemerataan pembangunan.

"Jadi kalau cawapres dari luar Jawa itu sudah sangat tepat jika dilihat dari pengalaman sejarah kita," ujar Alfan.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Alfan juga menilai keberadaan cawapres dari luar Jawa akan menunjukkan bahwa paslon capres dan cawapres tersebut berkomitmen untuk membangun Indonesiasentris.

"Keberanian tokoh dari luar Jawa menjadi cawapres tentu mengingatkan kita pada Bung Hatta yang juga tokoh nasional dari Sumatra yang visioner dalam mengembang ekonomi bangsa," tutur Alfan.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Analis Politik Unas Bilang, Pasangan Capres-Cawapres Harus Ada yang dari Luar Jawa". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU