Peristiwa Penting di Surabaya yang Tidak akan Terlupakan

author awsnews.id

- Pewarta

Rabu, 01 Nov 2023 03:05 WIB

Peristiwa Penting di Surabaya yang Tidak akan Terlupakan

i

Dokumentasi artik.id. Foto © Fudaili

SURABAYA | ARTIK.ID - Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki sejarah yang panjang dan sarat dengan nilai kepahlawanan.

Sejak awal berdirinya, kota ini telah mengalami dua kali peristiwa penting yang menunjukkan keberanian dan semangat perjuangan masyarakatnya.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Pertempuran 1293

Peristiwa heroik pertama yang terjadi di Surabaya adalah pertempuran antara Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit, melawan pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan pada tahun 1293. Pertempuran ini berlangsung selama tiga hari dan berakhir dengan kemenangan Raden Wijaya.

Pertempuran 10 November 1945

Peristiwa heroik lainnya terjadi pada tanggal 10 November 1945, saat Arek-arek Suroboyo, sebutan untuk orang Surabaya, berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia melawan pasukan Sekutu. Pertempuran ini berlangsung selama tiga hari dan menyebabkan puluhan ribu korban jiwa.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Selain sebagai kota pahlawan, Surabaya juga dikenal sebagai kota perdagangan. Letaknya yang strategis di pesisir utara Pulau Jawa menjadikan Surabaya sebagai pelabuhan penting sejak zaman Majapahit.

Pada masa kolonial, Surabaya menjadi pelabuhan utama yang berperan sebagai collecting centers dari hasil produksi perkebunan di ujung Timur Pulau Jawa untuk dikirim ke Eropa.

Di kemudiah hari Surabaya menjelma menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kota ini terletak di pantai utara Pulau Jawa bagian timur, berhadapan dengan Selat Madura dan Laut Jawa, dengan luas sekitar 335,28 km² dan penduduk sekitar 2,97 juta jiwa pada tahun 2022.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(prnulis malam)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Peristiwa Penting di Surabaya yang Tidak akan Terlupakan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU