Latopsla Aspek Udara 2023 Melibatkan 331 Prajurit, Latih Terjun Malam hingga SAR Tempur

author awsnews.id

- Pewarta

Kamis, 02 Nov 2023 18:20 WIB

Latopsla Aspek Udara 2023 Melibatkan 331 Prajurit, Latih Terjun Malam hingga SAR Tempur

i

Latopsla Aspek Udara 2023 Melibatkan 331 Prajurit, Latih Terjun Malam hingga SAR Tempur

SITUBONDO | ARTIK.ID - Latihan Operasi Laut (Latopsla) Aspek Udara 2023 memasuki tahap Apel Gelar Kelengkapan. Latihan ini melibatkan 331 prajurit dari berbagai satuan TNI Angkatan Laut (AL), termasuk unsur pesawat udara (Pesud) TNI AL.

Latopsla Aspek Udara 2023 digelar selama sepekan, mulai 30 Oktober hingga 7 November 2023. Latihan ini digelar di perairan Laut Jawa, wilayah Surabaya, Situbondo, dan sekitarnya.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Materi latihan yang akan dilaksanakan meliputi terjun malam, rubber duck operation (RDO) malam, intai udara dengan UAS, GKK Lintas Heli, air landed, air supply, SAR tempur, EMU, dan shipboard.

Tujuan Latopsla Aspek Udara 2023 adalah untuk mengukur dan menguji kemampuan serta kesiapan satuan-satuan jajaran Puspenerbal dari segi personel maupun alutsista di bidang operasi dukungan pesud.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Selain itu, latihan ini juga bertujuan untuk menyamakan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak, serta menguji SOP dalam pelaksanaan Operasi Laut Aspek Udara dalam mendukung tugas TNI/TNI AL.

Latopsla Aspek Udara 2023 dipimpin oleh Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Danpuspenerbal) Laksda TNI Sisyani Jaffar.

"Latihan ini merupakan ajang untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme prajurit dalam mengawaki Sistem Senjata Armada Terpadu TNI AL," kata Laksda TNI Sisyani Jaffar

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Latopsla Aspek Udara 2023 Melibatkan 331 Prajurit, Latih Terjun Malam hingga SAR Tempur". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU