Eri Cahyadi Beri Penghargaan 19 Kampung Pemenang KAS-RPA 2023

author awsnews.id

- Pewarta

Senin, 27 Nov 2023 16:50 WIB

Eri Cahyadi Beri Penghargaan 19 Kampung Pemenang KAS-RPA 2023

i

Eri Cahyadi Beri Penghargaan 19 Kampung Pemenang KAS-RPA 2023

SURABAYA | ARTIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan penghargaan kepada 19 kampung yang berhasil menjadi kampung responsif menangani masalah perempuan dan anak.

Penghargaan tersebut diberikan saat acara Communal Branding Festival dan Awarding Kampunge Arek Suroboyo Ramah Perempuan dan Anak (KAS-RPA) tahun 2023, di Balai Kota, Sabtu (25/11/2023) malam.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, adanya kampung-kampung ini diharapkan Surabaya bisa menjadi kota yang memiliki rasa gotong royong tinggi.

"Kampung-kampung ini keren banget, karena bisa ciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan ramah bagi perempuan dan anak. Kalau anak-anak sejak kecil dididik dengan baik, pasti akan tumbuh jadi anak yang hebat," kata Wali Kota Eri.

Wali Kota Eri ingin, KAS-RPA tidak hanya selesai sampai di sini. Dia berpesan kepada seluruh jajaran di pemkot dan warga Kota Surabaya, agar kegiatan ini digerakkan secara berkelanjutan demi mewujudkan generasi emas di tahun 2045.

Selain itu, dia juga menginginkan, Surabaya benar-benar menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi perempuan dan anak.

"Aku berharap KAS-RPA terus berjalan, biar kampung-kampung lainnya juga bisa ikut ciptakan lingkungan yang ramah bagi perempuan dan anak. Karena, kalau kita punya keluarga dan anak yang bahagia, kita juga akan bahagia," ujarnya.

Wali Kota Eri mengungkapkan, rasa gotong royong dan antusiasme warga dan semua elemen yang terlibat dalam kegiatan KAS-RPA tahun ini sangat luar biasa. Dirinya turut bangga dengan anak-anak Kota Surabaya yang saat ini berani dalam menyuarakan hak-haknya di Kota Surabaya.

Berikut pemenang KAS-RPA tahun 2023:

Kategori Best of The Best: RW 5 Kelurahan Balongsari, Kecamatan Tandes

Kategori Kampung Belajar: RW 6 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir

Kategori Kampung Sehat: RW 1 Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Simokerto

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Kategori Kampung Asuh: RW 5 Kelurahan Balongsari, Kecamatan Tandes

Kategori Kampung Aman: RW 5 Kelurahan Balongsari, Kecamatan Tandes

Kategori Kampung Kreatif-Produktif: RW 5 Kelurahan Balongsari, Kecamatan Tandes

Kategori Roadshow: RW 3 Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Simokerto

Pemkot Surabaya memberikan reward bagi masing-masing pemenang. Bagi kampung kategori Best of The Best mendapatkan Rp 15 juta, juara pertama di setiap kategori mendapatkan Rp 5 juta, juara kedua mendapatkan 3 juta, dan juara tiga mendapatkan Rp 1,75 juta.

Kampung Mentor

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Cak Eri menambahkan, kampung-kampung yang berhasil mendapatkan penghargaan di tahun ini sudah tidak diperbolehkan untuk ikut lomba KAS-RPA selanjutnya. Karena, kampung yang memenangkan awarding kali ini akan menjadi mentor bagi kampung-kampung lain di Kota Surabaya.

Tidak hanya menggerakkan kampung yang aman, nyaman, serta ramah bagi perempuan dan anak. Akan tetapi dia juga ingin, kampung pemenang kategori Best of The Best ini bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi dengan melibatkan perempuan di Kota Surabaya.

"Secara otomatis, kalau mereka jadi mentor, kampung tersebut akan mempertahankan yang sudah ada, atau bahkan akan terus meningkatkan kualitasnya, karena mereka jadi contoh bagi kampung lainnya. Jadi, ini dari warga Surabaya, untuk warga Surabaya," pungkasnya.

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Eri Cahyadi Beri Penghargaan 19 Kampung Pemenang KAS-RPA 2023". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU