Pertunjukan Reog Ponorogo di Mall Johor Bahru, Malaysia, Bikin Heboh

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 12 Des 2023 17:50 WIB

Pertunjukan Reog Ponorogo di Mall Johor Bahru, Malaysia, Bikin Heboh

i

Pertunjukan Reog Ponorogo di Mall Johor Bahru, Malaysia, Bikin Heboh

JAKARTA | ARTIK.ID - Plaza Angsana Mall Johor Bahru, Malaysia, digemparkan oleh pertunjukan Reog Ponorogo, baru-baru ini.

Konsul Jenderal RI di Johor Bahru, Sigit S Widiyanto, dikonfirmasi, Selasa (12/12) mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif Paguyuban Warga Ponorogo (Pawargo) dalam menggelar pertunjukan tersebut

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Menurutnya, ini merupakan bukti bahwa pelestarian budaya adalah tanggung jawab semua pihak, bukan hanya pemerintah.

“Pertunjukan ini juga menjadi ajang promosi budaya Indonesia di Malaysia. Semoga dapat meningkatkan kebersamaan dan persaudaraan antara warga Indonesia dan Malaysia," kata Sigit.

Pertunjukan yang diinisiasi Pawargo itu digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-7 Pawargo, pada 10 Desember 2023. Lalu.

Reog Ponorogo sendiri merupakan kesenian tradisional dari Ponorogo, yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia oleh UNESCO. Kesenian ini menampilkan unsur-unsur tari, musik, dan seni bela diri.

Dalam pertunjukan di Malaysia tersebut, Reog Ponorogo ditampilkan dengan penuh kemeriahan.

"Para penari dan pemain musik mengenakan kostum dan atribut yang khas, seperti topeng berbentuk kepala singa dan bulu-bulu merak," imbuh Sigit.

Mereka juga menampilkan gerakan-gerakan yang dinamis dan atraktif, sehingga menarik perhatian banyak orang, baik warga Indonesia maupun Malaysia. Mereka tampak antusias menyaksikan pertunjukan ini dari awal hingga akhir.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Sementara itu, Ahli Dewan Undangan Negeri (ADUN) Semarang Parlemen Ayer Hitam, YB Dato Samsol Bahri Bin Jamali, juga menyampaikan dukungannya atas pertunjukan Reog Ponorogo tersebut.

Menurutnya, pertunjukan ini merupakan kontribusi yang besar dari warga Indonesia dalam pengembangan kebudayaan di Malaysia.

“Kontribusi saudara-saudara dari Indonesia begitu besar dalam pengembangan kebudayaan di Malaysia,” kata Dato Samsol.

Samsol mengatakan, peringatan ulang tahun Pawargo telah menjadi ajang promosi budaya Indonesia yang rutin digelar setiap tahun.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Selain Reog Ponorogo, dalam pertunjukan itu juga ditampilkan berbagai kesenian tradisional Indonesia lainnya, seperti pencak silat dan beberapa tarian.

"Pertunjukan berlangsung selama empat jam dan membuat kagum para penonton," pungkas Samsol.

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Pertunjukan Reog Ponorogo di Mall Johor Bahru, Malaysia, Bikin Heboh". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU