Pada Sesi Pleno Forum Kerjasama Rusia-Arab, Rusia Minta PBB Tegas Soal Palestina

author awsnews.id

- Pewarta

Rabu, 20 Des 2023 20:30 WIB

Pada Sesi Pleno Forum Kerjasama Rusia-Arab, Rusia Minta PBB Tegas Soal Palestina

i

Russian Foreign Minister Sergey Lavrov © Alexander Shcherbak/TASS

JAKARTA | ARTIK.ID - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada sesi pleno Forum Kerjasama Rusia-Arab, Rabu (20/12) mengatakan, Rusia memprioritaskan Jalur Gaza dalam untuk segera mengakhiri pertumpahan darah dan menyelesaikan masalah kemanusiaan di sana.

“Pertemuan kami berlangsung di tengah memburuknya situasi di Timur Tengah dan gejolak yang terus berlanjut di dunia. Sifat tantangan dan ancaman yang muncul yang rumit dan kompleks memerlukan pendekatan kolektif untuk mengatasi tugas memperkuat perdamaian dan keamanan di kawasan. Serta memastikan pembangunan berkelanjutan semakin relevan,” kata Lavrov.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Setelah serangan hamas tanggal 7 Oktober, situasi menjadi semakin rumit dan semakin memburuk di zona konfrontasi Palestina-Israel.

Kali ini, kekerasan yang dilskukan Israel, yang kita saksikan setiap hari telah mencapai skala yang belum pernah terjadi sebelumnya dan benar-benar bencana.

Korban tewas dan terluka berjumlah puluhan ribu. Kebanyakan dari mereka adalah warga sipil di Jalur Gaza, terutama anak-anak dan perempuan.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

“Penderitaan penduduk daerah kantong ini diperburuk oleh dampak blokade yang diberlakukan Israel. Kami melihat tugas utama kami adalah menghentikan pertumpahan darah dan memastikan kondisi untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang diperlukan bagi semua yang membutuhkan,” kata Lavrov.

Berbagai upaya Rusia bersama dengan para pendukungnya yang berpikiran sama untuk membujuk Dewan Keamanan PBB agar mengadopsi resolusi yang menuntut gencatan senjata yang langgeng mendapat tentangan.

“Tantangan itu datang dari Amerika Serikat, yang mengambil sikap sepihak dan, seperti biasa, mencoba untuk mengambil alih proses apa pun,” pungkasnya.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Pada Sesi Pleno Forum Kerjasama Rusia-Arab, Rusia Minta PBB Tegas Soal Palestina". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU