Calon DPD RI Nomer Urut 10, I Made Kerta Suwirya, Ungkap Visi dan Misi untuk Penguatan Budaya Bali

author awsnews.id

- Pewarta

Senin, 25 Des 2023 19:50 WIB

Calon DPD RI Nomer Urut 10, I Made Kerta Suwirya, Ungkap Visi dan Misi untuk Penguatan Budaya Bali

i

Calon DPD RI Nomer Urut 10, I Made Kerta Suwirya, Ungkap Visi dan Misi untuk Penguatan Budaya Bali

GIANYAR | ARTIK.ID - Di hadapan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali di Lapangan Renon pada Senin, 24 Desember 2023, Calon DPD RI Nomer Urut 10, I Made Kerta Suwirya, menegaskan Visi dan Misi serta pandangannya terhadap pentingnya penguatan budaya dalam konteks Bali yang kaya akan seni dan kebudayaan.

"Dalam kerangka pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah Bali, saya hadir untuk mengemukakan Visi dan Misi yang saya bawa. Bali, sebagai destinasi pariwisata dunia, memerlukan perhatian serius terhadap penguatan mental melalui seni dan budaya," ucapnya dengan tulus.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Visi utamanya adalah "Penguatan Mental melalui Seni dan Budaya". Dalam paparannya, Suwirya menyoroti beberapa hal yang perlu perhatian khusus:

1. Pekan Kesenian Bali (PKB) dan Pemerataan Alokasi APBD: Suwirya menekankan perlunya pemerataan dalam alokasi anggaran untuk PKB di setiap kabupaten di Bali. Dia mencatat ketimpangan yang masih ada dalam alokasi APBD di tingkat kabupaten, dan ia memperjuangkan dukungan APBN sebagai salah satu pintu masuk pariwisata nusantara.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

2. Pelestarian dan Pembinaan Seni: Dalam konteks pelestarian seni, Suwirya memandang pentingnya perhatian terhadap para pelaku seni. Menurutnya, para pelaku seni memainkan peran penting dalam melestarikan dan mempertahankan roh Bali. Dia menyarankan pembinaan melalui desa adat sebagai langkah awal untuk melakukan penguatan mental dalam bidang seni.

3. Penghargaan untuk Seniman Tua: Suwirya juga menyoroti nasib para seniman tua yang sering terlupakan. Ia menekankan pentingnya memberi penghargaan dan bantuan kepada mereka sebagai motivasi, tidak hanya saat mereka aktif berkarya, tetapi juga ketika mereka tidak lagi aktif.

"Dalam mengejar visi penguatan mental melalui seni dan budaya, saya melihat pentingnya perubahan nyata dalam mendukung para seniman, pelestarian adat, dan pemerataan alokasi anggaran. Bersama, kita dapat menjaga Bali sebagai destinasi pariwisata yang tidak hanya indah secara fisik, tetapi juga kaya akan kekayaan budaya dan seni yang abadi," tegas Suwirya dalam penutupan paparannya.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Dengan visi yang menggugah semangat dan misi yang jelas untuk mendukung pengembangan seni dan budaya, Suwirya berkomitmen untuk mewakili dan memperjuangkan kepentingan Bali melalui Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Bali di Tingkat Pusat. (lani)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Calon DPD RI Nomer Urut 10, I Made Kerta Suwirya, Ungkap Visi dan Misi untuk Penguatan Budaya Bali". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU