Pemkab dan PMI Banyuwangi Bedah Rumah Warga dengan Metode Tahan Gempa

author awsnews.id

- Pewarta

Sabtu, 30 Des 2023 19:40 WIB

Pemkab dan PMI Banyuwangi Bedah Rumah Warga dengan Metode Tahan Gempa

i

Pemkab dan PMI Banyuwangi Bedah Rumah Warga dengan Metode Tahan Gempa

BANYUWANGI | ARTIK.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melakukan bedah rumah warga dengan metode retrofitting.

Metode ini merupakan teknik pembangunan rumah dengan penguatan bagian-bagian rumah agar lebih tahan dari goncangan gempa.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Pada tahap awal, tim PMI akan memeriksa kondisi rumah yang akan dibedah. Bagian-bagian rumah yang perlu diperkuat meliputi dinding, tiang beton, ukuran pintu, atap, hingga teras.

Salah satu rumah yang telah dibedah dengan metode retrofitting adalah milik warga Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo.

Rumah tersebut sebelumnya memiliki dinding yang kurang kokoh dan tiang beton yang tidak terlalu kuat. Setelah dibedah, rumah Sukardi kini memiliki dinding yang lebih kuat dan tiang beton yang lebih kokoh.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam siaran persnya, Sabtu (30/12) mengatakan, di Banyuwangi terdapat beberapa daerah yang rawan gempa, salah satunya Kecamatan Tegaldlimo.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Oleh karena itu, ia berharap model rumah retrofitting yang diterapkan di rumah Sukardi dapat menjadi standar pembangunan rumah di daerah-daerah rawan gempa.

"Dengan metode ini, tidak hanya rumah yang menjadi lebih tahan gempa, tetapi juga sisi kesehatan penghuni rumah juga diperhatikan," kata Ipuk.

Ipuk menjelaskan, rumah yang tahan gempa akan lebih aman bagi penghuninya saat terjadi gempa. Selain itu, rumah yang tahan gempa juga akan lebih sehat bagi penghuninya karena dapat mengurangi risiko kerusakan akibat gempa.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Ia menambahkan, Pemkab Banyuwangi akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas bangunan di daerah rawan gempa. Salah satunya dengan memberikan bantuan hibah kepada PMI untuk melakukan bedah rumah dengan metode retrofitting.

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Pemkab dan PMI Banyuwangi Bedah Rumah Warga dengan Metode Tahan Gempa". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU