Personel Pamtas Yonif 11 Marinir Gelar Patroli Penyelidik dan Pengepungan Musuh di Sorong

author awsnews.id

- Pewarta

Minggu, 31 Des 2023 12:40 WIB

Personel Pamtas Yonif 11 Marinir Gelar Patroli Penyelidik dan Pengepungan Musuh di Sorong

i

Personel Pamtas Yonif 11 Marinir Gelar Patroli Penyelidik dan Pengepungan Musuh di Sorong

SORONG | ARTIK.ID - Personel Batalyon Infanteri 11 Marinir (Yonif 11 Mar) yang bertugas sebagai pasukan pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini (PNG), menggelar patroli penyelidikan dan pengepungan rumah musuh di kawasan Kampung Modan 1, Kelurahan Majener, Kecamatan Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (30/12).

Kegiatan patroli penyelidikan (troldik) ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan data intelijen tentang cuaca, medan, dan musuh, sekaligus melaksanakan penyelidikan komposisi pasukan, kekuatan serta peralatan yang dimiliki oleh musuh.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Setelah pelaksanaan troldik tersebut selesai, dilanjutkan dengan pengepungan dan penggeledahan rumah (pungdahmah), yaitu suatu operasi serangan malam hari yang dilakukan secara senyap, cepat, dan rahasia untuk menghancurkan dan menyelesaikan sasaran yang bersembunyi di dalam rumah penduduk.

Dalam melakukan aksi ini, prajurit harus memiliki kemampuan pergerakan cepat dan senyap, serta proses pungdahmah juga harus dilakukan secara rahasia untuk menjaga kerahasiaan, agar informasi serangan prajurit tidak bocor ke telinga musuh.

Komandan Yonif 11 Marinir, Letkol Marinir Rowin Zummy Simarmata, M.Tr. Opsla., mengatakan, latihan ini dilaksanakan dengan semangat dan serius agar prajurit mampu meningkatkan kemampuan naluri bertempur baik secara individu maupun kerjasama kelompok.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Latihan ini akan menjadi bekal kita pada medan penugasan yang akan datang nanti," kata Letkol Marinir Rowin.


Ia juga mengingatkan prajurit untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan dan zero accident dalam setiap perpindahan dan pergerakan.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Personel Pamtas Yonif 11 Marinir Gelar Patroli Penyelidik dan Pengepungan Musuh di Sorong". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU