Destinasi Wisata Banyuwangi Diserbu 85.763 Pengunjung, Hotel Penuh, Ini Kata Ipuk Fiestiandani

author awsnews.id

- Pewarta

Senin, 01 Jan 2024 14:15 WIB

Destinasi Wisata Banyuwangi Diserbu 85.763 Pengunjung, Hotel Penuh, Ini Kata Ipuk Fiestiandani

i

Destinasi Wisata Banyuwangi Diserbu 85.763 Pengunjung, Hotel Penuh, Ini Kata Ipuk Fiestiandani

BANYUWANGI | ARTIK.ID - Selama libur panjang Hari Raya Natal dan tahun baru, kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi Banyuwangi naik signifikan.

Berdasarkan data yang masuk dari sejumlah destinasi, tercatat lebih dari 85 ribu wisatawan berkunjung ke Banyuwangi pada 22-26 Desember 2023. Jumlah ini meningkat 100 % dibandingkan rata-rata kunjungan di hari biasa.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Menurut Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dalam siaran pers, Minggu (31/12), banyak wisatawan luar kota berlibur ke Banyuwangi selama libur Natal dan tahun baru. Hal ini berdampak pada UMKM di Banyuwangi, karena banyak wisatawan yang berbelanja di sana .

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, sejak 22 hingga 26 Desember, Pantai Boom Marina menjadi destinasi yang paling favorit dengan total pengunjung sebanyak 13.341 orang.

Jumlah ini meningkat sebesar 200 % dibandingkan hari biasa. Destinasi kedua yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Pulau Merah dengan total pengunjung 11.638 orang. Disusul Banyuwangi Park 7.973 orang.

Serta Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen 7.612 orang, Hutan De Djawatan 5.972 orang, dan Pantai Cacalan 5.565 orang.

Lonjakan pengunjung ini terjadi hampir pada semua destinasi di Banyuwangi. Jika diakumulasi selama libur  Natal 2023, ada sebanyak 85.763 wisatawan yang berwisata di Banyuwangi .

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyatakan bahwa masih ada libur tahun baru dan Banyuwangi siap menerima wisatawan.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Dinas-dinas di Banyuwangi sudah memerintahkan untuk bersiap menghadapi wisatawan sejak awal Desember lalu, terutama menyiapkan kebersihan hingga perbaikan sarpras di destinasi. Semoga wisatawan yang ke Banyuwangi terkesan dengan Banyuwangi .

Saat ini, Bandara Banyuwangi melayani 4 kali penerbangan dalam sehari. Tiga kali rute Jakarta PP Banyuwangi, dan Surabaya PP Bayuwangi satu kali.   

"Aksesibilitas yang mudah ini membuat Banywuangi menjadi destinasi liburan," kata Ipuk.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi M. Yanuarto Bramuda menambahkan, tingkat hunian (okupansi) di sejumlah hotel juga mengalami peningkatan pada periode 23-26 Desember 2023.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

“Semua hotel berbintang (13 hotel) tingkat huniannya mencapai 100 persen. Terjadi kenaikan hingga 50 persen untuk semua type kamar,” pungkas Bramuda..

(ara)
 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Destinasi Wisata Banyuwangi Diserbu 85.763 Pengunjung, Hotel Penuh, Ini Kata Ipuk Fiestiandani". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU