Inggris dan AS Bersiap Melakukan Serangan ke Houthi Karena Ikut Campur Bela Palestina

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 02 Jan 2024 10:10 WIB

Inggris dan AS Bersiap Melakukan Serangan ke Houthi Karena Ikut Campur Bela Palestina

i

Inggris dan AS Bersiap Melakukan Serangan ke Houthi Karena Ikut Campur Bela Palestina

JAKARTA | ARTIK.ID - Inggris dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan sedang bersiap melancarkan serangkaian serangan udara terhadap milisi Houthi di Yaman. Hal ini dipicu oleh serangan Houthi yang semakin meningkat terhadap kapal-kapal dagang Israel atau yang berhubungan dengan Israel di Laut Merah.

Dilansir dari surat kabar Inggris, The Times, Senin (01/02) mengatakan, serangan ini akan melibatkan pesawat-pesawat tempur Angkatan Udara Inggris (RAF) dan mungkin juga kapal perusak HMS Diamond. Serangan juga akan melibatkan negara-negara Eropa lainnya.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Sebelumnya, pada Minggu (31/12/2023), Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron menelepon musuhnya dari Iran, Hossein Amir-Abdollahian, untuk membahas serangan Houthi di Laut Merah.

Cameron mengatakan bahwa serangan tersebut "mengancam kehidupan orang-orang tak berdosa dan perekonomian global."

Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps mengatakan bahwa serangan Houthi terhadap jalur kapal internasional di dan sekitar Laut Merah melonjak 500 persen.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Houthi di Yaman kian meningkatkan keterlibatan mereka dalam konflik di Jalur Gaza dengan menyerang apa yang mereka sebut sebagai kapal-kapal yang sedang menuju Israel di Laut Merah bagian selatan.

Mereka mengatakan serangan tersebut bertujuan mendukung rakyat Palestina yang sedang menghadapi "agresi dan blokade" Israel di Gaza.

Laut Merah adalah salah satu jalur laut yang paling sering digunakan di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar. Serangan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah telah menimbulkan kekhawatiran akan gangguan pasokan minyak global.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Inggris dan AS Bersiap Melakukan Serangan ke Houthi Karena Ikut Campur Bela Palestina". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU