LPD Desa Adat Sibangkaja di Usia ke-31 Tahun Membanggakan, Aset Tembus Rp 141 M dengan Laba Rp 2 M

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 02 Jan 2024 14:40 WIB

LPD Desa Adat Sibangkaja di Usia ke-31 Tahun Membanggakan, Aset Tembus Rp 141 M dengan Laba Rp 2 M

i

LPD Desa Adat Sibangkaja di Usia ke-31 Tahun Membanggakan, Aset Tembus Rp 141 M dengan Laba Rp 2 M

BADUNG | ARTIK.ID - Berkat  Harmonisasi Bersama Badan Pengawas Kinerja LPD Desa Adat Sibangkaja di tahun buku 2023 sangat membanggakan. Ini dapat terlihat dari semua pencapaian kinerja LPD baik aset maupun laba LPD. Semua bisa melebihi hingga 20 persen. Tentunya pencapaian ini bisa diraih di LPD berkat harmonisasi atau kerjasama yang inten antar prejuru LPD dengan dengan semua badan Pengawas serta karyawan yang ada di LPD Desa Adat Sibangkaja.

Pemucuk LPD Desa Adat Sibangkaja, I Made Sudana, SH,  didampingi, I Nyoman Kertayoga  yang juga selaku  Penyarikan LPD Sibangkaja menyatakan harmonisasi berlangsung dengan semua jajaran secara baik. "Kami saling menghargai. Selama ini, walaupun saya merasa benar, tak pernah menyalahkan pihak lain. Harmonisasi tetap terjaga," ujar dia ketika ditemui mediaini pada Selasa 02/1/2024 di Kantor LPD Desa Adat Sibangkaja Badung.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Diakui, ada senang dan tidak senang. "Tapi volume sekarang. Di Sibang, memang ada belum puas, wajar di masyarakat. Namun secara umum tidak ada masalah," jelas dia. Diakui, pengawas rutin hadir seminggu sekali untuk mengecek. Ada 7 pengawas, setiap hari Sabtu hadir. "Namun tidak menutup kemungkinan hari lainnya juga bisa terlibat dalam pemutus kredit dan penanganan kredit bermasalah," jelas dia.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Dikatakan bahwa, pemutus kredit, ditetapkan oleh komunikasi dengan komite. Pengurus, bagian kredit dan badan pengawas memutuskan kredit di atas Rp 50 juta. Kalau sudah di Acc, maka LPD berani menjalani. "Maka kami berbagi tanggung jawab. Namanya resiko, nanti semua aman, karena keputusan bersama," jelas dia.

Mengenai kondisi LPD di 2023 dan menatap 2024, pihaknya sudah melampaui target laba dan aset. "Dua bulan lalu sudah tercapai. Potensi kredit segitu saja, namun di Sibang ada developer di bidang kavling, itu yang mendongkrak," jelas dia. Untuk laba Rp 2,41 miliar, terlampaui dari target Rp 1,7 miliar. "Dengan begitu, dampaknya masyarakat Sibang lebih percaya kepada LPD," jelas dia. LPD juga telah memberikan kemudahan bagi masyarakat. "Dulu LPD identik dengan mahal. Kini, malah bisa hampir sama dengan bank umum," ungkap dia.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

LPD Sibangkaja bahkan berani menyaingi KUR dari bank. "Kami maksimalkan kredit untuk masyarakat dulu. Namun ada aturannya," ungkap dia. Adapun harapan LPD Sibangkaja ke-31 agar lebih baik dari sebelumnya. "Kami cita-cita agar berikan pelayanan kredit semurah-murahnya, agar dirasakan masyarakat dan kembangkan LPD lebih maju," harap dia. Selanjutnya, kepada pengawas, LPD mengucapkan terimakasih atas kontribusinya. "Tanpa pengawas, kami di LPD, banyak kekurangan SDM. Maka kami perlu tuntunan dari senior," tutup dia. (lani)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "LPD Desa Adat Sibangkaja di Usia ke-31 Tahun Membanggakan, Aset Tembus Rp 141 M dengan Laba Rp 2 M". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU