DI Kampus II Unesa, Jokowi Sebut BRIN Akan Jadi Orkestrator Penelitian Bersama Bappenas

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 16 Jan 2024 17:50 WIB

DI Kampus II Unesa, Jokowi Sebut BRIN Akan Jadi Orkestrator Penelitian Bersama Bappenas

i

DI Kampus II Unesa, Jokowi Sebut BRIN Akan Jadi Orkestrator Penelitian Bersama Bappenas

JAKARTA | ARTIK.ID - Presiden Joko Widodo resmi membuka Konvensi XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Graha Unesa Kampus II, Surabaya, Jawa Timur, Senin (15/1).

Pada kesempatan itu Jokowi mengatakan, lembaga pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul, seperti dengan memperkuat kualitas Dosen serta Peneliti, bobot ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sekaligus fungsi riset untuk inovasi.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

"Saya akan mengarahkan BRIN menjadi orkestrator penelitian bersama Bappenas, untuk merancang kebutuhan riset, menjawab tantangan, dan memanfaatkan peluang secara tepat," kata Jokowi.

Dia menegaskan, pihaknya akan menginstruksikan Kemendikbudristek untuk mengoptimalkan pembiayaan pendidikan dan riset, yang mana bukan hanya dari APBN dan APBD, tetapi juga dari Dana Abadi & Matching Fund dengan industri.

Saat ini, rasio penduduk berpendidikan S2 dan S3 terhadap populasi produktif di Indonesia terbilang cukup rendah, yaitu 0,45 persen.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Maka, segala upaya ini diharapkan dapat meningkatkan rasio penduduk berpendidikan Magister (S2) dan Doktoral (S3).

"Maka pada kesempatan ini saya mengajak seluruh perguruan tinggi untuk senantiasa menguatkan kolaborasi dan sinergi, serta melahirkan lebih banyak solusi untuk mewujudkan kemajuan Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "DI Kampus II Unesa, Jokowi Sebut BRIN Akan Jadi Orkestrator Penelitian Bersama Bappenas". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU