Gubernur Khofifah Resmikan Gedung Rawat Jalan dan Kamar Operasi MOT RSMM Jatim

author awsnews.id

- Pewarta

Rabu, 17 Jan 2024 13:30 WIB

Gubernur Khofifah Resmikan Gedung Rawat Jalan dan Kamar Operasi MOT RSMM Jatim

i

Gubernur Khofifah Resmikan Gedung Rawat Jalan dan Kamar Operasi MOT RSMM Jatim

SURABAYA | ARTIK.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Gedung Rawat Jalan dan Kamar Operasi Modular Operating Theatre (MOT) Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur (RSMM Jatim) di Surabaya, Selasa (16/1/2024).

Pada kesempatan itu, Khofifah meluncurkan Aplikasi Si Galon dan Aplikasi DESIS. Aplikasi Si Galon merupakan aplikasi skrining mandiri untuk mendeteksi gejala low vision, sedangkan Aplikasi DESIS merupakan aplikasi skrining mandiri untuk mendeteksi gangguan ketegangan mata digital.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Dia mengatakan, RSMM Jatim merupakan satu-satunya rumah sakit mata tipe B milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Rumah sakit ini memiliki kualifikasi yang sudah sesuai dengan standar rumah sakit mata tipe B, serta didukung oleh tenaga medis yang profesional.

"Banyak sekali pasien-pasien dari signifikan person yang bisa mendapatkan layanan dengan sangat baik di rumah sakit ini. Gedungnya sudah baru, kualitasnya terus dibenahi dengan peluncuran aplikasi Si Galon dan Aplikasi DESIS," kata Khofifah.

Khofifah berharap, dengan adanya gedung baru dan layanan aplikasi skrining ini, RSMM Jatim dapat semakin meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

"Saya rasa itu akan membawa penguatan image building bagi rumah sakit mata ini, karena menjaga layanan berkualitas dan kepercayaan masyarakat itu sangat penting," ujar Khofifah.

Direktur RSMM Jatim Eka Basuki Rahmat mengatakan, RSMM Jatim memiliki sejumlah 206 pegawai, yang terdiri dari 16 dokter spesialis mata, 1 dokter spesialis dalam, dan 1 dokter spesialis patologi klinis.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Kunjungan pasien kami tahun 2021 sebesar 45.946, tahun 2022 61.833, Alhamdulillah tahun 2023 kunjungan kami meningkat menjadi 67.738 pasien," kata Eka.

Eka juga mengatakan, RSMM Jatim telah melakukan beberapa skrining di sekolah-sekolah, rumah anak prestasi, bekerja sama dengan puskesmas, dan pondok pesantren.

"Sehingga kami mengembangkan aplikasi Si Galon dan aplikasi DESIS yang merupakan aplikasi berdasarkan website dengan harapan supaya masyarakat dapat melakukan skrining mandiri untuk mengetahui kondisi apakah mempunyai gangguan kesehatan penglihatan," terang Eka.

Menanggapi arahan Gubernur Khofifah mengenai pergantian nama rumah sakit, Eka mengatakan, akan menindaklanjuti arahan tersebut dan menargetkan tahun ini sudah berubah nama rumah sakit.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

"Bismillah kami akan menindak lanjuti dengan surat dan kami akan berkoordinasi dengan atasan kami yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dan dengan organisasi perkumpulan dokter spesialis mata. Hal itu akan dilakukan sesegera mungkin, karena target kami kalau bisa tahun ini sudah berubah nama," pungkas Eka.

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Gubernur Khofifah Resmikan Gedung Rawat Jalan dan Kamar Operasi MOT RSMM Jatim". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU