Abdul Ghoni Panen Melon Bareng Warga Bulak, Transformasi Lahan Kosong Jadi Kebun Sayur

author awsnews.id

- Pewarta

Minggu, 21 Jan 2024 15:20 WIB

Abdul Ghoni Panen Melon Bareng Warga Bulak, Transformasi Lahan Kosong Jadi Kebun Sayur

i

Foto © Amar/ARTIK

SURABAYA | ARTIK.ID - Pepatah mengatakan "siapa yang menanam dia akan menuai" terbukti benar. Puluhan warga Bulak, Surabaya, panen sayuran dan buah-buahan hasil tanam mereka sendiri.

Panen raya ini dilakukan pada Sabtu (20/1/2024) di lahan kosong di wilayah Kelurahan Bulak, Kecamatan Bulak, Surabaya. Tampak warga bersemangat dan gembira memanen hasil tanam mereka.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Salah satu warga, Bu Ning, mengatakan bahwa sayuran yang dipanen antara lain mentimun, kacang panjang, tomat, dan melon. Sementara cabai rawit akan dipanen bulan depan

"Warga terutama ibu-ibu sangat senang sekali adanya panen sayuran. Sebab, di wilayah Bulak Kelurahan Kenjeran untuk lahan kosong sangat langka," kata Bu Ning.

Tokoh masyarakat Bulak Kenjeran Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am mengatakan bahwa panen sayuran bersama ini merupakan bentuk ketahanan pangan yang dilakukan warga masyarakat secara mandiri.

"Berbagai komoditas sayuran seperti mentimun, melon, kacang panjang, tomat dipanen bersama sehingga para ibu rumah tangga tidak lagi susah mencari sayur-sayuran," jelas Abdul Ghoni.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Abdul Ghoni yang juga anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya ini berharap lahan-lahan yang kosong di wilayah Bulak tidak sampai dikonversi untuk hunian, tapi bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran dan lainnya dalam menjaga ketahanan pangan.

"Misalnya, ya tanam sayuran yang saat panen bisa dimanfaatkan bersama-sama," tuturnya.
Abdul Ghoni juga menegaskan bahwa bagi warga yang keterbatasan lahan untuk tanam sayuran bisa menggunakan pot-pot kosong.

"Ada pepatah bahwa tongkat saja bisa jadi tanaman, ternyata kita bisa buktikan dengan menanam dan panen bersama sayur-sayuran," pungkas Abdul Ghoni.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(mar)
.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Abdul Ghoni Panen Melon Bareng Warga Bulak, Transformasi Lahan Kosong Jadi Kebun Sayur". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU