Prajurit Marinir Asah Ketajaman Tempur, Mahir Pandu Helly, Evakuasi Medis dan Logistik

author awsnews.id

- Pewarta

Senin, 22 Jan 2024 22:50 WIB

Prajurit Marinir Asah Ketajaman Tempur, Mahir Pandu Helly, Evakuasi Medis dan Logistik

i

Prajurit Marinir Asah Ketajaman Tempur, Mahir Pandu Helly, Evakuasi Medis dan Logistik

NGAWI | ARTIK.ID - Guna mengasah dan mempertajam naluri tempur, prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir melaksanakan Latihan Triwulan I Pasmar 2 tahun 2024 materi Marshalling di daerah latihan Desa Ngrayudan, Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur.

Marshalling atau Pandu Helly merupakan salah satu materi penting yang harus dimiliki setiap prajurit Korps Marinir dalam memandu Bantuan Udara dalam rangka evakuasi medis atau drop logistik di medan operasi.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Dalam latihan tersebut, para prajurit dilatih untuk menyiapkan landasan pendaratan helikopter yang aman dan sesuai dengan prosedur.

Landasan pendaratan tersebut harus memenuhi beberapa syarat, yakni tanah lapang atau luas, permukaan tanah yang padat, tanah tidak berdebu atau becek, jauh dari tumbuhan tinggi, jauh dari tiang atau tegangan tinggi, dan kemiringan tanah maksimal 5 derajat.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Roni Saputra mengatakan, latihan Marshalling ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas-tugas operasi.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Jika sang pilot tidak mengetahui atau mengenal medan, maka tim Pandu Helly yang menyiapakan landasan untuk tempat helly mendarat," ujar Letkol Marinir Roni Saputra.

Latihan Marshalling ini berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh seluruh prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Prajurit Marinir Asah Ketajaman Tempur, Mahir Pandu Helly, Evakuasi Medis dan Logistik". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU