LPD Desa Adat Sibanggede Raih Sukses Tahun Buku 2023, Kontribusi Nyata untuk Kemajuan Desa Adat

author awsnews.id

- Pewarta

Minggu, 28 Jan 2024 14:10 WIB

LPD Desa Adat Sibanggede Raih Sukses Tahun Buku 2023, Kontribusi Nyata untuk Kemajuan Desa Adat

i

LPD Desa Adat Sibanggede Raih Sukses Tahun Buku 2023, Kontribusi Nyata untuk Kemajuan Desa Adat

BADUNG | ARTIK.ID -  Hari ini 28 Januari 2024 - Pada acara Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) LPD Desa Adat Sibanggede, I Nyoman Budiartha, SE, Pemucuk LPD, didampingi oleh I Nyoman Kari, SE, Petengen LPD Sibanggede, menyampaikan bahwasanya ini merupakan kewajiban kita pengurus LPD Desa Adat Sibanggede untuk menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban yang telah diatur dalam Perda dan Pergub Bali bahwa setiap LPD Wajib Hukumnya menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban Kepada Pengurus, Bendesa Desa Adat dan Masyarakat selaku pengguna LPD.  

Acara yang berlangsung di Lantai Dua Kantor Desa Sibanggede ini dihadiri oleh seluruh lembaga adat dan dinas, yang mewakili masyarakat, untuk turut serta dalam pengesahan LPJ LPD Tahun Buku 2023 oleh Bendesa Desa Adat Sibanggede dengan pencapaian luar biasa yang berhasil diraih oleh lembaga tersebut di tahun buku 2023.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

I Nyoman Budiartha menjelaskan bahwa LPD Sibanggede tetap stabil, dan pada tahun 2024, pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut sudah mulai stabil dan meningkat, memberikan dampak signifikan terhadap masyarakat. Aset lembaga mengalami peningkatan sebesar 12,43 persen dari tahun sebelumnya, dan laba mencapai 920 juta, dengan 20 persen dari laba tersebut dialokasikan untuk pembangunan Desa Adat, mencapai angka 184 juta.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Keberhasilan ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat yang menabungkan dananya di LPD, baik dalam tabungan sukarela maupun tabungan deposito. "Kita sampai kewalahan untuk menyalurkannya karena banyaknya masyarakat yang menabung. Mudah-mudahan di tahun 2024 ini kita bisa menyalurkan kredit dengan lebih meningkat," ujar I Nyoman Budiartha.

LPD Sibanggede juga menargetkan dengan dibangunnya gedung baru, dengan harapan dapat menambah kepercayaan masyarakat dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Mereka tengah meluncurkan program kredit murah untuk usaha produktif, dengan bunga 0,65 persen dan plafon pinjaman maksimal 5 juta. Selain itu, terdapat juga kredit khusus untuk kremasi di Desa Adat Sibanggede dengan nilai maksimal 20 juta dan bunga 0,65 persen, yang masih dalam tahap sosialisasi.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Pesan I Nyoman Budiartha kepada masyarakat adalah agar tidak ragu dengan LPD, mengajak untuk menabung dan meminjam dari LPD sebagai langkah awal dalam membangun Desa Adat. "Mari kita bangkitkan LPD ini secara bersama-sama, karena LPD ini sudah pernah terpuruk di tahun 2008 ke bawah, dan sekarang kita sudah hampir 16 tahun bangkit dari keterpurukan berkat dukungan dari masyarakat," tutupnya.(lani)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "LPD Desa Adat Sibanggede Raih Sukses Tahun Buku 2023, Kontribusi Nyata untuk Kemajuan Desa Adat". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU