Serap Tenaga Kerja Perempuan, Khofifah Indar Parawansa Apresiasi MPS Dander Bojonegoro

author awsnews.id

- Pewarta

Rabu, 31 Jan 2024 00:30 WIB

Serap Tenaga Kerja Perempuan, Khofifah Indar Parawansa Apresiasi MPS Dander Bojonegoro

i

Serap Tenaga Kerja Perempuan, Khofifah Indar Parawansa Apresiasi MPS Dander Bojonegoro

BOJONEGORO | ARTIK.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Mitra Produksi Sigaret (MPS) Dander PT Kareb Alam Sejahtera Kabupaten Bojonegoro, Selasa (30/1).

Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Khofifah. MPS Dander merupakan program kemitraan PT HM Sampoerna Tbk dengan melibatkan pengusaha daerah atau koperasi sebagai operator dalam memproduksi merek-merek SKT Sampoerna.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah mengapresiasi MPS Dander yang telah menyerap ribuan tenaga kerja, terutama perempuan. Menurut Khofifah, usaha padat karya semacam ini merupakan solusi di era industri digital untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Melalui MPS ini, ribuan tenaga kerja bisa terserap menjadi angkatan kerja. Mereka yang unskill labour maupun yang tingkat pendidikannya tidak terlalu tinggi juga bisa diserap karena proses pembimbingan tidak terlalu rumit," ujar Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga menilai MPS Dander merupakan bentuk penguatan peran perempuan terhadap pembangunan. Hal ini dikarenakan mayoritas karyawan MPS Dander adalah perempuan.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Ini menjadi bentuk penguatan peran perempuan terhadap pembangunan. Mereka menjadi tulang punggung perekonomian keluarganya," kata Khofifah.

Diketahui, MPS Dander saat ini memiliki 3.090 karyawan yang didominasi oleh pekerja perempuan sebagai pelinting rokok. Mayoritas dari mereka merupakan tulang punggung perekonomian keluarganya.

Khofifah berharap MPS Dander dapat menjadi referensi bagi usaha padat karya lainnya di Indonesia. Ia juga berharap MPS Dander dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(ara)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Serap Tenaga Kerja Perempuan, Khofifah Indar Parawansa Apresiasi MPS Dander Bojonegoro". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU