Kontribusi Luar Biasa LPD Desa Adat Mendapat Apresiasi Kades Desa Penarungan

author awsnews.id

- Pewarta

Senin, 05 Feb 2024 18:40 WIB

Kontribusi Luar Biasa LPD Desa Adat Mendapat Apresiasi Kades Desa Penarungan

i

APRESIASI : Ni Wayan Kerni, SH, Kepala Desa (Kades) Desa Penarungan Saat Hadi di Acara HUT Ke 33 LPD Panarungan 5/2

BADUNG | ARTIK.ID - Kepala Desa (Kades) Desa Penarungan, Ni Wayan Kerni, SH, menyampaikan rasa bangga dan kagumnya terhadap kontribusi luar biasa yang diberikan oleh Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Penarungan selama 33 tahun. Pernyataan ini disampaikan saat acara perayaan HUT LPD Penarungan di Hotel Made Badung pada Senin 5 Februari 2024.

Kerni menyatakan bahwa sebagai wakil masyarakat dan pemerintah Desa Dinas, ia sangat mengapresiasi perkembangan yang sangat positif dari LPD Penarungan. LPD tidak hanya memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan perekonomian masyarakat, tetapi juga berperan penting dalam memenuhi kebutuhan pembangunan desa adat.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

"LPD Penarungan tidak hanya memberikan kontribusi pada perkembangan ekonomi masyarakat, tetapi juga menjadi akses langsung bagi masyarakat dalam mengatasi berbagai suka-duka. Keberadaannya dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama dalam memberikan pinjaman untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna memajukan perekonomian desa adat," ujar Kerni.

Dalam kerjasama antara Desa Dinas dan LPD, Kerni menjelaskan bahwa telah terbentuk kolaborasi yang positif. Staf di Desa Dinas dapat dengan mudah mendapatkan pinjaman kredit dari LPD, dengan pembayaran cicilan langsung dipotong dari gaji dan dikelola oleh bendahara desa dinas. Hal ini telah memberikan manfaat signifikan, terutama untuk mendukung inisiatif ekonomi hingga batas kredit sebesar 50 juta.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Kerni juga menyoroti tantangan yang mungkin dihadapi oleh LPD di masa mendatang. Ia memberikan pesan bahwa selama masa kejayaan, LPD juga perlu memikirkan strategi untuk menghadapi masa keterpurukan, sehingga dapat menjadi pedoman yang kuat di masa sulit.

Sementara itu, harapan Kerni terhadap LPD adalah agar tetap berjaya, meningkatkan harmoni, dan memperkuat kerjasama. "Mari bersama-sama menjaga kepercayaan untuk tetap menjadi kekuatan ekonomi bagi desa adat. LPD harus tetap jaya dan lancar, memberikan kontribusi positif sebagai Pendapatan Asli Desa (PAD) bagi Desa Adat," tambah Kerni dengan penuh harap.(lani)

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Kontribusi Luar Biasa LPD Desa Adat Mendapat Apresiasi Kades Desa Penarungan". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU