Khofifah Indar Parawansa Launching Hunian Relokasi Korban Banjir Bandang Banyuwangi

author awsnews.id

- Pewarta

Minggu, 11 Feb 2024 20:15 WIB

Khofifah Indar Parawansa Launching Hunian Relokasi Korban Banjir Bandang Banyuwangi

i

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

BANYUWANGI | ARTIK.ID - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melaunching pembangunan hunian relokasi untuk korban terdampak banjir bandang di Desa Kalibaru, Banyuwangi, Minggu (11/2).

"Insya Allah  pembangunan hunian yang berada di lahan milik PTPN 1 Regional V ini akan selesai dalam kurun waktu tiga bulan. Nantinya, ada sebanyak 66 KK terdampak banjir bandang pada November 2022 yang mendapatkan hunian di lahan 1,17 hektare itu," kata Khofifah

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Khofifah menyebut, proses relokasi tersebut paling lama dibanding yang lainnya seperti yang di Bondowoso, Lumajang, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, dan Blitar.

"Selain itu, kali ini pertama kalinya relokasi nyambung kampung," imbuhnya.

Lokasi yang dipakai merupakan lahan milik PTPN, maka diperlukan waktu untuk mengurus segala proses administratif pembebasan dan pelimpahan lahan.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

"Kami menyampaikan terima kasih kepada PTPN 1 Regional V yang telah mengizinkan lahannya  dibebaskan dan digunakan untuk relokasi warga terdampak banjir bandang," tutur Khofifah.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Subroto dalam laporannya menyampaikan, hunian relokasi yang dibangun memiliki luas 5 x 6 meter. Biaya pembangunan hunian dialokasikan oleh BPBD Jatim.

"Sedangkan untuk pembebasan lahan dialokasikan melalui anggaran Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, dan saat ini masih dalam proses penerbitan penetapan lokasi. Mohon doanya semoga lancar semua," pungkas Gatot Subroto.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Khofifah Indar Parawansa Launching Hunian Relokasi Korban Banjir Bandang Banyuwangi". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU