Deklarasi Pemilu 2024 Damai di Papua Barat, Komitmen Bersama Menjaga Demokrasi

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 13 Feb 2024 15:20 WIB

Deklarasi Pemilu 2024 Damai di Papua Barat, Komitmen Bersama Menjaga Demokrasi

i

Deklarasi Pemilu 2024 Damai di Papua Barat, Komitmen Bersama Menjaga Demokrasi

MANOKWARI | ARTIK.ID - Dalam suasana penuh kehangatan dan semangat persatuan, Deklarasi Pemilu 2024 Damai di Provinsi Papua Barat digelar. Acara ini dihadiri oleh Forkopimda, para tokoh, dan pimpinan partai politik, dengan tujuan untuk memastikan pelaksanaan Pemilu yang aman, adil, dan damai.

Asisten I Setda Papua Barat, Otto Parorongan, membacakan narasi Deklarasi, yang menyatakan komitmen pemerintah dan masyarakat di wilayah Papua Barat untuk melaksanakan dan mengawal Pemilu Presiden, Wakil Presiden, DPR-RI, DPR Provinsi, dan DPR Kabupaten dengan damai dan bertanggung jawab.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, menekankan pentingnya kerjasama semua pihak untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama proses Pemilu. Beliau juga mengingatkan pentingnya memahami perbedaan pendapat sebagai bagian dari demokrasi dan menyelesaikan setiap perselisihan secara damai.

Pemilu merupakan momentum penting bagi bangsa dan nilai demokrasi untuk mencapai arah masa depan bangsa. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja besar, partisipasi elemen bangsa, dan komitmen pemerintah untuk menjaga keamanan.

"Semua stakeholder sesuai batasan kewenangan pastikan bahwa Pemilu damai bukan hanya slogan. Mari kita komitmen jaga kedamaian selama Pemilu karena tanggungjawab semua elemen bangsa," tegas Ali Baham.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Penandatanganan deklarasi bersama, menurut Ali Baham, merupakan refleksi dan kesepakatan bahwa Papua Barat selalu aman. Beliau menyadari bahwa dalam tahapan Pemilu akan terjadi perebutan dan dinamika yang normal, tetapi seyogyanya dapat terus dikomunikasikan.

Ali Baham mendukung penuh kinerja penyelenggara Pemilu, yakni KPU dan Bawaslu. Beliau menghimbau kepada para pemuka agama, adat, pemuda, perempuan, dan masyarakat untuk turut mendoakan agar semua tahapan Pemilu berjalan damai, aman, jujur, dan adil, sehingga semua dapat menerima hasil dengan keikhlasan.

Deklarasi ditutup dengan Doa bersama lintas agama agar Indonesia, Tanah Papua, dan Papua Barat selalu mendapat lindungan Tuhan Yang Maha Esa dan dijauhkan dari segala marabahaya.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(ARK)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Deklarasi Pemilu 2024 Damai di Papua Barat, Komitmen Bersama Menjaga Demokrasi". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU