Ali Baham dan Forkopimda Papua Barat Pantau Sampah di Pesisir Teluk Sawaibu dan Doreh

author awsnews.id

- Pewarta

Kamis, 22 Feb 2024 16:35 WIB

Ali Baham dan Forkopimda Papua Barat Pantau Sampah di Pesisir Teluk Sawaibu dan Doreh

i

Foto: Amatus Rahakbauw For Artik

MANOKWARI | ARTIK.ID - Dalam rangka memperingatan Hari Peduli Sampah Nasional di Papua Barat, Penjabat Gubernur Ali Baham Temongmere melakukan pemantauan secara langsung perairan di kawasan tersebut.

Pada kesempatan itu Ali Baham didampingi Forkopimda dan sejumlah pimpinan OPD menyusuri pesisir teluk Sawaibu dan Doreh dengan Kapal Roro, Rabu (21/2).

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Rombongan bertolak dari dermaga FasharkanTNI-AL Manokwari sekira pukul 10.15 WIT sembari mengamati populasi sampah plastik yang masih banyak bertebaran di laut. Selain itu kondisi pemukiman warga (rumah panggung) area pesisir juga menjadi atensi khusus.

Ali Baham menegaskan, kesadaran mengolah sampah rumah tangga harus dipahami secara baik agar tidak dibuang ke laut dan mencemari lingkungan serta habitat didalamnya.

"Kita melihat langsung perairan Teluk Sawaibu dan Doreh. Memang indah dan terlihat pemukiman, tentunya masyarakat tinggal sejak lanma dan kedepannya harus ada kesepahaman bersama mengola sampah rumah tangga, kemudian penataan perumahan disekitar," kata Ali Baham.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Menurutnya, pengelolaan sampah yang baik juga akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi keluarga. Sehingga pihaknya secara berjenjang bersama semua stakeholder bakal bergerak menangani hal ini.

"Hari peduli sampah nasional perlu ada komitmen bersama baik pemerintah, masyarakat dan TNI-POLRI secara berjenjang dan sistematis bergerak tangani sampah. Kita berharap tidak hanya menjadi masalah tetapi juga peluang meningkatkan ekonomi masyarakat," tandasnya.

Turut mendampingi Staf ahli Gubernur, para Asisten, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Kepala BRIDA, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kanmpung, Kadis Kominfo Persatik, Kepala Biro Pemerintah, Plt. Kadis Perhubungan, PIt. Kepala Bapenda dan PIt. Karo Administrasi Pimpinan Setda Papua Barat.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(ARK)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Ali Baham dan Forkopimda Papua Barat Pantau Sampah di Pesisir Teluk Sawaibu dan Doreh". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU