LPD Desa Adat Sidembunut Sampaikan Prestasi Gemilang di LPJ Tahun Buku 2023

author awsnews.id

- Pewarta

Kamis, 22 Feb 2024 18:20 WIB

LPD Desa Adat Sidembunut Sampaikan Prestasi Gemilang di LPJ Tahun Buku 2023

i

LPD Desa Adat Sidembunut Sampaikan Prestasi Gemilang di LPJ Tahun Buku 2023

BANGLI | ARTIK.ID - Bangli, 22 Februari 2024 - LPD Desa Adat Sidembunut merayakan kesuksesan luar biasa dalam melaporkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Tahun Buku 2023, yang membuktikan kinerja dan kepercayaan yang semakin meningkat dari Krama Aset. Dalam rangkaian perayaan HUT ke-35 tahun LPD Sidembunut, hasil laporan menunjukkan pencapaian positif yang menggembirakan.

Ketua LPD Desa Adat Sidembunut, I Wayan Budi, mengungkapkan bahwa Aset LPD saat ini mencapai Rp. 5,7 Miliar, mengalami peningkatan signifikan sebesar 50,6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp. 3,8 Miliar. Keberhasilan ini tidak hanya hasil dari kenaikan aset, namun juga berkat tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap LPD Sidembunut.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Budi menjelaskan, "Kami berterima kasih atas kepercayaan yang semakin tinggi dari masyarakat. Peningkatan signifikan ini tidak hanya berkat pertumbuhan ekonomi yang membaik, tetapi juga efektivitas kinerja karyawan kami dan penambahan personel untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat."

Tabungan LPD Sidembunut juga mencapai Rp. 4,8 Miliar, menunjukkan peningkatan sebesar 62 persen dari sebelumnya Rp. 2,9 Miliar. Sementara itu, kredit yang tersalurkan pada tahun 2023 mencapai Rp 2,7 Miliar, meningkat 16,1 persen, mencerminkan kontribusi positif LPD Sidembunut terhadap pengembangan ekonomi lokal.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Dalam upaya memberdayakan masyarakat desa adat, LPD Sidembunut mengalokasikan 20 persen dari keuntungan sebesar Rp. 153.424.000 untuk dana pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa Adat. Dana pembangunan diambil sebesar 20 persen dari laba, yakni sejumlah Rp. 30.684.945,-, yang akan digunakan untuk proyek-proyek pembangunan yang mendukung kehidupan masyarakat.

Budi juga menyampaikan rencana ekspansi dan pengembangan LPD Sidembunut, mengikuti tuntutan zaman dengan penerapan teknologi. "Kami sedang merencanakan penggunaan sistem dan naraca laporan, dan kami masih menjajaki kemungkinan penerapan Mobilebanking untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat."

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Di samping itu, program "Tabungan Cingkraman" yang telah diluncurkan LPD Sidembunut telah mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Sebanyak hampir 200 orang telah menjadi anggota penabung Cingkraman, dengan kemampuan menabung mulai dari 5 ribu rupiah. Program ini juga berpotensi untuk mendukung dana abadi untuk ngaben, setelah mendapatkan persetujuan dari bendesa, desa adat, dan LPLPD.(lani)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "LPD Desa Adat Sidembunut Sampaikan Prestasi Gemilang di LPJ Tahun Buku 2023". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU