Dubes Australia untuk Indonesia Penny Williams Bertemu Kapolda Papua, Tanya Situasi Wamena

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 27 Feb 2024 23:35 WIB

Dubes Australia untuk Indonesia Penny Williams Bertemu Kapolda Papua, Tanya Situasi Wamena

i

Foto: Biro Pers Polda Papua/ARTIK.ID

JAYAPURA | ARTIK.ID - Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri bertemu Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Penny Williams. Dalam pertemuan itu, Mathius memamerkan kemajuan Papua, salah satunya di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

"Tadi bertemu dengan Kedutaan Australia tadi beliau cuma menanyakan situasi di Papua. Jadi, kami jelaskan singkat saja," kata Irjen Mathius D. Fakhiri kepada wartawan di Kota Jayapura, Senin (26/2/2024).

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Pertemuan yang digelar secara tertutup itu berlangsung di Mapolda Papua, Kota Jayapura, Pertemuan itu merupakan kunjungan resmi pertama Penny Williams sebagai Dubes Australia untuk Indonesia.

Irjen Mathius mengungkap, pertemuan tersebut membahas beberapa program kerja sama. Dia menyambut positif terhadap program forum kerja sama dalam bidang kepolisian itu.

"Dan beliau juga sejak menjadi Duta Besar kan belum sampai di Papua juga menyampaikan ada forum kerja sama dengan kepolisian sehingga kami menganggap itu cukup positif," ujarnya.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Mathius menjelaskan terkait perkembangan pembangunan di Papua yang semakin maju. Menurutnya, daerah-daerah di Papua kini semakin berkembang ke arah yang lebih modern.

"Dan kami sampaikan juga sebenarnya Papua ini dari waktu ke waktu sudah semakin banyak berkembang," tutur Mathius.

Mathius juga menyebut sempat menawarkan kepada Penny Williams untuk berkunjung ke Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Hal itu agar dapat membandingkan kemajuan antar satu daerah dengan daerah lain yang ada di Papua.

"Supaya ada pembanding bahwa Jayapura sudah cukup maju. Nanti kalau ibu lihat Wamena kan bisa punya gambaran tentang bagaimana perkembangan di daerah belakang," imbuhnya

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Pasalnya, Mathius menambahkan, isu pembangunan di Papua ini selalu menjadi bahan bagi pihak yang ingin memanfaatkan. Karena itu, dia berharap agar pihak luar yang menilai kemajuan pembangunan di Papua.

"Kalau dari kita pihak Indonesia kadang-kadang kan yang bermain di isu politik ini memutar arah. Mereka bohong, mereka bohong. Padahal sesungguhnya di Papua ini kan sudah luar biasa majunya," keluhnya.

Sementara Dubes Australia untuk Indonesia Penny Williams sendiri sangat senang bisa melawat ke Papua. Apalagi ini merupakan kunjungan pertamanya ke Bumi Cenderawasih sejak menjadi Dubes Australia untuk Indonesia.

"Sebenarnya ini kunjungan resmi saya pertama ke Papua dan saya senang sekali bisa datang dengan rombongan dari Kedubes," ucap Penny Williams.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Penny Williams menilai, selama ini hubungan Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia sudah sangat erat. Termasuk hubungan kerjasama di bidang pembangunan.

"Ada hubungan sangat erat antara Papua dan Australia di bidang pembangunan dengan Pemerintah Indonesia, Pemerintah Australia, dan Pemerintah Provinsi Papua," pungkasnya.

(ark)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Dubes Australia untuk Indonesia Penny Williams Bertemu Kapolda Papua, Tanya Situasi Wamena". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU