Lolosnya Rai Mantra ke DPD RI, Putra Pendiri LPD Membuat LPD Serai Kembangmerta

author awsnews.id

- Pewarta

Sabtu, 16 Mar 2024 13:15 WIB

Lolosnya Rai Mantra ke DPD RI, Putra Pendiri LPD  Membuat LPD Serai Kembangmerta

i

Pemucuk LPD Desa Adat Serai Kembangmerta, I Wayan Kartikayasa

BANGLI | ARTIK.ID - Lolosnya Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (Rai Mantra) ke DPD RI disambut gembira kalangan LPD di Bali. Sebab, ayah Rai Mantra yakni IB Mantra dikenal sebagai pendiri LPD. Kebanggan itu diutarakan oleh Pemucuk LPD Desa Adat Serai Kembangmerta, I Wayan Kartikayasa.

"Ketokohan ayahanda masih kami pandang. Beliau mantan wali kota. Kebanyakan teman LPD ingat dan tercengang. Apalagi bapaknya pendiri LPD," ujar dia ketika ditemui pada, Sabtu, 16/3/2024 di kantor LPD Serai Kembangmerta Bangli.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Di desanya, kebanyakan mencoblos Rai Mantra. "Tidak ada promosi. Kebanyakan disini Rai Mantra," ujar dia.
Tatkala duduk di DPD RI, Rai Mantra diharapkan menguatkan LPD. "LPD yang bagus harus terlihat, bagaimana menjaga, jangan LPD yang jelek menonjol," harap dia. Saat ini, kata dia, ada Baga Utshaha Desa Adat (Bupda) dan Majelis Adat. "Bupda dengan LPD harus bersatu. Begitu pula MDA juga ikut dikuatkan," jelas dia.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Harapan ke depan, LPD juga perlu disokong dana untuk kebutuhan operasional. "LPD bisa diberikan dana hibah. Kalau hibah dikelola oleh desa adat," jelas dia. Selain itu, SDM LPD juga harus dikuatkan. "Apalagi era digitalisasi," ungkap dia. Dirinya turut bangga atas terpilihnya Rai Mantra. "Walaupun tidak terjun ke Banjar kami, namun kebanyakan sudah tahu," ujar dia.

Dia berharap Rai Mantra bisa menjaga suaranya. "Sebagai pekerja LPD, kami harap beliau membangkitkan LPD menuju digital," jelas dia. Di Bangli ada 159 LPD tersebar di seluruh desa di Bangli. "Minimal LPD diperbaiki yang bermasalah, agar didekati dan dibangkitkan," tutup dia. (Tim)

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Lolosnya Rai Mantra ke DPD RI, Putra Pendiri LPD Membuat LPD Serai Kembangmerta". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU