Petani Surabaya Panen Raya, Lahan Seluas 0,9 Hektar Menghasilkan 3 Ton Padi

author awsnews.id

- Pewarta

Minggu, 17 Mar 2024 21:40 WIB

Petani Surabaya Panen Raya, Lahan Seluas 0,9 Hektar Menghasilkan 3 Ton Padi

i

Istimewa

SURABAYA | ARTIK.ID - Kota Surabaya masih memiliki lahan sawah yang produktif untuk menanam padi dan sejumlah tanaman pangan lainnya, seperti cabai, tomat, dan kacang panjang. Hal ini terbukti dengan panen raya padi yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya dan Kelompok Tani Sendang Biru di Kelurahan Made pada hari Sabtu (16/3).

Kepala DKPP Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, panen raya dilakukan di lahan seluas 0,9 hektar dan menghasilkan 3 ton padi.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

“Tujuan utama dari panen padi ini adalah untuk menekan harga beras,” ujar Antiek.

Lebih lanjut Antiek menjelaskan, bahwa panen padi ini dilakukan secara bersamaan dengan tanaman cabai dan kacang panjang menggunakan pola tanam tumpangsari. Pola tanam ini bertujuan untuk mengurangi serangan hama terhadap tanaman cabai dan padi.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

“Panen padi baru dilakukan sekali pada tahun 2024, sementara panen cabai sudah dilakukan sebanyak lima kali, dan kacang panjang hampir 12 kali," ungkap Antiek.

Dari segi ekonomi panen tersebut akan membantu menekan laju inflasi. Ketika satu wilayah mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri, permintaan bahan pokok dari luar akan berkurang, yang pada akhirnya mempengaruhi permintaan pasar.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Petani Surabaya Panen Raya, Lahan Seluas 0,9 Hektar Menghasilkan 3 Ton Padi". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU