LPD Desa Adat Kuning Bangli Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Inovasi Kredit Tanpa Jaminan

author Artik News

- Pewarta

Senin, 18 Mar 2024 12:55 WIB

LPD Desa Adat Kuning Bangli Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Inovasi Kredit Tanpa Jaminan

i

I Dewa Bipatrawan, SH, Kabag Kredit LPD Desa Adat Kuning

BANGLI | ARTIK.ID - LPD Desa Adat Kuning di Kabupaten Bangli terus menunjukkan komitmennya dalam menggerakkan perekonomian masyarakat dengan inovasi terbaru mereka. Dengan program kredit pertanian dan peternakan tanpa jaminan, LPD Desa Adat Kuning telah memberikan dorongan signifikan bagi para krama dalam pengembangan usaha mereka.

Menurut Kabag Kredit LPD Desa Adat Kuning, I Dewa Bipatrawan, SH, LPD telah memberikan kredit mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 20 juta untuk pertanian dan peternakan tanpa memerlukan jaminan apapun. Prosesnya cepat dan efisien dengan jangka waktu satu tahun dan potongan bunga sebesar 1,5 persen. "Sampai saat ini sudah ada 10 kelompok yang kita biayai, perkelompok bisa sampai Rp. 20 juta. Dan kredi ini tanpa jaminan, karena LPD ini dari krama untuk krama," jelas I Dewa Bipatrawan.

Baca Juga: Bedah Buku "Diplomasi Sang Hiu Kencana" Bahas Hubungan Indonesia di Asia Tenggara

Kredit peternakan khususnya menjadi salah satu yang paling diminati, dengan banyak masyarakat yang memilih untuk mengembangkan usaha sapi, babi, dan bebek. Program ini telah berjalan selama lebih dari satu tahun dan terbukti memberikan dampak positif bagi para penerima kredit. "Dari pengajuan dalam jangka 1-2 hari itu sudah cair uangnya. Intinya adanya LPD ini bisa dirasakan oleh masyarakat. Begitu masyarakat mengajukan tinggal mintak persetujuan Bendesa kalau sudah disetujui langsung cair uangnya," tambahnya.

Dengan respons positif dari masyarakat, LPD Desa Adat Kuning kini telah memiliki aset hampir mencapai Rp. 9 miliar, meningkat signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp. 4 miliar. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi dan komitmen LPD dalam mendukung perekonomian lokal telah diakui dan diapresiasi oleh krama.

Baca Juga: Arif Fathoni Bantah Pembicaraan AKD

"Harapannya kepada masyarakat, semakin LPD tumbuh dan berkembang maka perekonomian masyarakat juga akan semakin maju. Saya selaku pengelola sangat bangga sekali karena respons masyarakat sangat bagus sekali," tutup I Dewa Bipatrawan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Inovasi akan terus dilakukan oleh LPD Desa Adat Kuning menjadi dorongan penting dalam membangun ekonomi lokal yang berkelanjutan dan inklusif. Diharapkan langkah-langkah ini dapat terus memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Adat Kuning dan sekitarnya.(Tim)

Baca Juga: Webinar Membangun Koperasi Tangguh Melalui Peningkatan "Knowledge, Skill, Attitude" Siap Digelar

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "LPD Desa Adat Kuning Bangli Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Inovasi Kredit Tanpa Jaminan". lihat harikel asli disini

Editor : Admin

BERITA TERBARU