Memasuki Ramadan, BBPOM Manokwari Intensifikasi Pengawasan Takjil di Fakfak

author awsnews.id

- Pewarta

Selasa, 19 Mar 2024 19:35 WIB

Memasuki Ramadan, BBPOM Manokwari Intensifikasi Pengawasan Takjil di Fakfak

i

Kepala Balai POM Manokwari, Agustince Werimon. Foto: Amatus Rahakbauw

FAKFAK | ARTIK.ID - Memasuki bulan Ramadhan 1445 Hijriah, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Manokwari bersama tim infokom melakukan intensifikasi pengawasan takjil di sekitar Taman Satu Tungku Tiga Batu, Kabupaten Fakfak, Selasa (19/3).

Kepala Balai POM Manokwari, Agustince Werimon, mengatakan bahwa pengawasan ini dilakukan dengan mengambil sampel jajanan berbuka puasa, seperti kudapan, sayur, lauk pauk, dan es.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Sampel-sampel tersebut kemudian diuji cepat menggunakan rapid testkit untuk mengetahui kandungan bahan berbahaya.

Kepala Balai POM Manokwari, Agustince Werimon. Foto: Amatus RahakbauwKepala Balai POM Manokwari, Agustince Werimon. Foto: Amatus Rahakbauw

“Sebanyak 21 sampel takjil kami periksa dengan parameter uji Methanil Yellow, Rhodamin B, Borax, dan Formalin. Hasilnya, semua sampel menunjukkan hasil negatif bahan berbahaya,” ujar Agustince.

Agustince menegaskan bahwa BPOM ingin memastikan keamanan takjil yang dikonsumsi oleh masyarakat di Kabupaten Fakfak selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

“Kegiatan ini merupakan upaya BPOM untuk melindungi masyarakat dari pangan yang tidak aman dan bermutu,” tambahnya.

Selain melakukan pengujian, BPOM juga memberikan edukasi kepada para pedagang takjil tentang pentingnya menjaga keamanan pangan.

Para pedagang diimbau untuk selalu menggunakan bahan baku yang aman dan tidak menggunakan bahan berbahaya dalam mengolah makanan.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(ark)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Memasuki Ramadan, BBPOM Manokwari Intensifikasi Pengawasan Takjil di Fakfak". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU