Ketua TP PKK Papua Barat dan Manokwari Gelar Gerakan Tanam Cabai di Kampung Udapi Hilir

author awsnews.id

- Pewarta

Rabu, 20 Mar 2024 07:40 WIB

Ketua TP PKK Papua Barat dan Manokwari Gelar Gerakan Tanam Cabai di Kampung Udapi Hilir

i

Foto: From Amatus Rahakbauw/ARTIK.ID

MANOKWARI | ARTIK.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat, Ny. Siti Mardiana Temongmere, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Manokwari, Ny. Febelina Indou, melaksanakan gerakan tanam cabai di Kampung Udapi Hilir, Distrik Aimasi, SP 4, pada Selasa (19/3).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52. Ny. Siti Mardiana Temongmere menjelaskan bahwa HKG merupakan perayaan tahunan yang diwarnai capaian dan implementasi program unggulan dan prioritas PKK.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Gerakan tanam cabai ini serentak dilakukan oleh seluruh TP PKK di Indonesia dan telah diresmikan oleh Ibu Negara, Hj. Iriana Joko Widodo, pada tanggal 4 Maret 2024.

"Tujuan gerakan ini adalah untuk menciptakan kemandirian pemenuhan kebutuhan cabai tingkat rumah tangga," ujar Siti Mardiana

Cabai merupakan tanaman holtikultura yang buahnya diperlukan untuk aneka pangan dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Siti Mardiana Temongmere menginstruksikan jajaran TP PKK di semua tingkatan untuk mendukung gerakan ini dengan menanam minimal lima (5) pohon cabai di halaman rumah masing-masing.

"Sebagai informasi, pengurus TP PKK di tingkat provinsi dan keluarga yang anak-anaknya menjadi asuhan rumah gizi Kasuari telah menanam 5 pohon cabai di halaman masing-masing dengan media pot atau polybag," terangnya.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan TP PKK Kabupaten Manokwari dalam penyelenggaraan HKG Ke-52. Ia berharap 10 program PKK di Kabupaten Manokwari, khususnya dasawisma rukun bersama, dapat sukses di masa depan.

Sementara itu, Ny. Febelina Indou mengatakan bahwa cabai merupakan komoditas penting bagi masyarakat. Oleh karena itu, melalui program ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan cabai lokal dan meningkatkan pendapatan petani.

"Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan petani dengan produksi yang lebih besar sehingga harga cabai dapat cenderung stabil," terangnya.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Acara ini turut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Manokwari yang memberikan apresiasi atas program kerja TP PKK yang membantu pemerintah daerah dalam berbagai aspek.

(ark)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Ketua TP PKK Papua Barat dan Manokwari Gelar Gerakan Tanam Cabai di Kampung Udapi Hilir". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU