Pelatihan Garmen Apparel di BLK Jembrana: Meningkatkan Keterampilan dan Pemberdayaan Masyarakat

author Artik News

- Pewarta

Rabu, 20 Mar 2024 11:15 WIB

Pelatihan Garmen Apparel di BLK Jembrana: Meningkatkan Keterampilan dan Pemberdayaan Masyarakat

i

Victor Dwian Alala, Instruktur BLK

JEMBRANA | ARTIK.ID - Balai Latihan Kerja (BLK) Jembrana kembali menggelar pelatihan Berbasis Kompetensi dengan Program Pelatihan Menjahit Pakaian Dengan Mesin yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang ingin berwirausaha atau meningkatkan keterampilan di bidang garmen. Dalam wawancara khusus dengan Bapak Victor Dwian Alala, Instruktur BLK, pada Selasa, 19 Maret 2024, kami mendapatkan gambaran lengkap tentang kegiatan pelatihan ini.

Kursus menjahit ini membuka peluang bagi masyarakat umum, para pencari kerja, dan pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan mereka, dengan rentang usia antara 18 hingga 56 tahun, atau yang sudah menikah. Untuk angkatan kali ini, terdapat 16 peserta Pelatihan, dimulai pada tanggal 20 Pebruari s/d 23 April 2024.

Baca Juga: Bedah Buku "Diplomasi Sang Hiu Kencana" Bahas Hubungan Indonesia di Asia Tenggara

Menurut Bapak Victor, tujuan utama dari pelatihan ini adalah memberi bekal keterampilan kepada peserta agar bisa berwirausaha atau bekerja di bidang garmen. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat serta membuka lapangan usaha di sektor garmen.

Peserta Pelatihan Garmen Apparel di BLK JembranaPeserta Pelatihan Garmen Apparel di BLK Jembrana

Dalam menjalankan pelatihan, Bapak Victor membagi peserta menjadi kelompok yang beragam usia, karena menurutnya, setiap kelompok memiliki kebutuhan dan karakteristik yang berbeda. Strategi pengajaran yang berbeda diterapkan untuk setiap kelompok guna memastikan transfer ilmu yang cepat dan efektif dalam keterbatasan waktu pelatihan.

Harapan Bapak Victor kepada para peserta adalah agar mereka dapat memanfaatkan ilmu yang didapat dengan sebaik mungkin. Minimal, peserta diharapkan mampu membuat pakaian untuk kebutuhan pribadi dan keluarga.

Baca Juga: Arif Fathoni Bantah Pembicaraan AKD

Lebih dari itu, ia berharap ilmu yang diberikan dapat menjadi modal bagi peserta untuk mencari penghasilan dan membantu memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Beliau juga berharap agar para alumni kursus ini dapat membuka usaha sendiri dan menjadi penggerak ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebagai tambahan, Bapak Victor juga membagikan cerita tentang salah satu peserta tahun sebelumnya yang berhasil meraih kesuksesan setelah mengikuti pelatihan. Peserta tersebut berhasil membuka usaha sendiri dan bahkan mengajak rekan-rekan seangkatannya untuk bekerja sama. Keberhasilan peserta ini menjadi inspirasi baginya dan tim BLK untuk terus memberikan pelatihan yang berkualitas dan memberdayakan masyarakat.

Baca Juga: Webinar Membangun Koperasi Tangguh Melalui Peningkatan "Knowledge, Skill, Attitude" Siap Digelar

Kegiatan kursus menjahit di BLK Jembrana tidak hanya sekadar memberikan keterampilan, tetapi juga memberikan harapan dan peluang bagi masyarakat untuk meraih kesuksesan dalam dunia usaha. Semoga dengan adanya pelatihan ini, akan lahir banyak pengusaha baru yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi di Kabupaten Jembrana, Pungkasnya. (lani)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Pelatihan Garmen Apparel di BLK Jembrana: Meningkatkan Keterampilan dan Pemberdayaan Masyarakat". lihat harikel asli disini

Editor : Admin

BERITA TERBARU