LPD Desa Adat Palaktiying: Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Inovasi Ekonomi Lokal

author awsnews.id

- Pewarta

Jumat, 22 Mar 2024 22:30 WIB

LPD Desa Adat Palaktiying: Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Inovasi Ekonomi Lokal

i

I Wayan Warnama, Pemucuk LPD Desa Adat Palaktiying

BANGLI | ARTIK.ID -Desa Adat Palaktiying, 22 Maret 2024 - Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Palaktiying telah memainkan peran yang sangat penting dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayahnya, dengan fokus pada berbagai upaya untuk memajukan para pelaku UMKM.

I Wayan Warnama, Pemucuk LPD Desa Adat Palaktiying, menyoroti beberapa langkah yang diambil untuk mendukung pertumbuhan UMKM di daerah mereka:

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Pemberian Kredit yang Mudah dan Terjangkau: LPD memastikan akses mudah bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan kredit dengan proses yang sederhana dan persyaratan yang terjangkau, memungkinkan mereka untuk mengembangkan usaha tanpa hambatan keuangan.

Pendidikan dan Pelatihan: LPD mengadakan program pendidikan dan pelatihan melalui magang, memberikan peluang bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Mendorong Inovasi dan Kreativitas: LPD memberikan dukungan kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan produk dan layanan baru yang inovatif, mendorong kreativitas dan kemajuan dalam industri lokal.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Akses ke Pasar: LPD bekerja untuk membantu UMKM mendapatkan akses pasar yang lebih luas, baik secara lokal maupun nasional, melalui kemitraan dengan perusahaan lain dan pemanfaatan media.

Pengembangan Infrastruktur dan Sarana Pendukung: LPD terlibat dalam pengembangan infrastruktur dan sarana pendukung yang diperlukan oleh UMKM, seperti akses internet, untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka.

Langkah kongkrit yang diambil LPD Palaktiying terlihat dalam motivasi mereka untuk membantu salah satu warga yang memiliki keahlian dalam membuka bengkel Bak Truk dan Modifikasi Mobil. Dengan bimbingan dari LPD, bengkel ini berhasil dibuka pada bulan Februari 2024 dan telah menunjukkan perkembangan positif dengan adanya pelanggan yang mulai datang.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Dengan berbagai inisiatif ini, LPD Desa Adat Palaktiying bertujuan untuk membangkitkan UMKM di wilayah mereka, meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, dan memperkuat perekonomian Desa Adat secara keseluruhan.(Tim)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "LPD Desa Adat Palaktiying: Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Inovasi Ekonomi Lokal". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU