Ratusan Prajurit Muda Korps Marinir Resmi Dilantik di Pantai Baruna Kondang Iwak

author awsnews.id

- Pewarta

Sabtu, 23 Mar 2024 01:00 WIB

Ratusan Prajurit Muda Korps Marinir Resmi Dilantik di Pantai Baruna Kondang Iwak

i

Foto: Dok Dispen Kormar, TNI Angkatan Laut Malang

SURABAYA | ARTIK.ID - Sebanyak 504 prajurit remaja Korps Marinir resmi dilantik dalam Upacara Pembaretan di Pantai Baruna Kondang Iwak, Malang Selatan, Jumat (22/3). Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi memimpin langsung upacara tersebut dan menyematkan baret ungu kepada para prajurit muda.

Upacara diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Dankormar, pidato Presiden Soekarno tentang penganugerahan Panji kepada Korps Komando AL, dan pembacaan Surat Pesan Terakhir Prajurit KKO AL Usman dan Harun. Kemudian, Inspektur Upacara menyematkan baret ungu kepada para prajurit, menandakan resmi dilantiknya mereka sebagai anggota Korps Marinir.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan Janji Setia oleh para prajurit, demonstrasi ketangkasan, yel-yel, foto bersama, temu muka orang tua siswa, kultum, buka puasa, Sholat Magrib berjamaah, dan ramah tamah.

Sebelumnya, para prajurit remaja ini telah menjalani Pendidikan Komando (Dikko) Korps Marinir selama 90 hari. Mereka ditempa dengan berbagai materi latihan, mulai dari tahap laut, tahan darat, gerilya lawan gerilya, hingga lintas medan dari Banyuwangi menuju Pantai Baruna Kondang Iwak.

Foto: Dok Dispen Kormar, TNI Angkatan Laut MalangFoto: Dok Dispen Kormar, TNI Angkatan Laut Malang

Amanat Komandan Korps Marinir

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Dalam amanatnya, Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi menyampaikan bahwa Upacara Pembaretan merupakan momen penting dalam perjalanan karier setiap prajurit Korps Marinir.

"Upacara ini bertujuan untuk memberikan rasa percaya diri, serta menanamkan nilai-nilai luhur guna membangun karakter yang kuat, disiplin, loyal, memiliki jiwa korsa, dan kehormatan diri," ungkapnya.

Lebih lanjut, Komandan Korps Marinir menyampaikan sejarah panjang dan perjuangan Korps Marinir serta prestasi yang telah diraih para senior dan pendahulu mereka.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

"Sebagai generasi penerus, para prajurit muda harus mampu berbuat yang terbaik untuk menjaga nama besar Korps Marinir," pungkasnya.

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Ratusan Prajurit Muda Korps Marinir Resmi Dilantik di Pantai Baruna Kondang Iwak". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU