Gempa Susulan Mengguncang Jatim 58 Kali, Surabaya Bangun Tenda Rumah Sakit Darurat

author awsnews.id

- Pewarta

Sabtu, 23 Mar 2024 07:05 WIB

Gempa Susulan Mengguncang Jatim 58 Kali, Surabaya Bangun Tenda Rumah Sakit Darurat

i

Foto Facebook @Eri Cahyadi

SURABAYA | ARTIK.ID - Gempa bumi susulan yang terjadi di Jawa Timur telah berdampak ke beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Tuban, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, dan Kota Surabaya. Hingga saat ini, telah terjadi sebanyak 58 kali guncangan.

Tuban:

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa telah dirasakan di empat kecamatan di Kabupaten Tuban, yaitu Kecamatan Soko, Parengan, Bangilan, Rengel, Semanding, dan Tambah. Total 12 kepala keluarga (KK) terdampak, dan dua orang mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Kerugian materiil akibat gempa ini meliputi, 4 unit rumah rusak berat, 13 unit rumah rusak ringan, 42 unit rumah rusak sedang, 1 unit balai desa rusak berat, 4 unit fasilitas kesehatan rusak ringan, 2 unit sarana pendidikan rusak ringan, 1 unit sarana pendidikan (Ponpes) rusak sedang, 2 unit fasilitas perkantoran rusak ringan, dan 2 unit sarana ibadah juga mengalami kerusakan.

Gresik:

Gempa ini juga dirasakan di kecamatan Sangkapura, Tambak dan Pulau Bawean.

Saat ini BPBD Kabupaten Gresik tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait guna melakukan penanganan lebih lanjut. 

Surabaya:

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Sedangkan di Kota Surabaya yakni Kecamatan Simokerto, Kecamatan Mulyorejo, dan Kecamatan Genteng.

Tim BPBD Surabaya bergerak cepat turun memasang tenda darurat di parkiran mobil RS Universitas Airlangga (Unair). 

Pemasangan dilakukan oleh tim BPBD Kota Surabaya setelah diketahui ada gempa susulan sore tadi yang menyebabkan kerusakan bangunan sisi timur.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam Akun Facebooknya, Jumat (22/3) malam, mengatakan berdasarkan data BPBD Kota Surabaya, bahwa tidak ada korban jiwa atas gempa tersebut.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

"Bersyukur tidak ada korban dalam kejadian ini. Untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan, pasien ditempatkan di tenda darurat sampai situasi dinyatakan aman oleh BMKG," ungkapnya

(diy)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Gempa Susulan Mengguncang Jatim 58 Kali, Surabaya Bangun Tenda Rumah Sakit Darurat". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU