Dampingi Peternak di Desa Golokan, Babinsa Koramil Sidayu Bagi Tips Sukses Beternak Sapi

author awsnews.id

- Pewarta

Minggu, 24 Mar 2024 17:00 WIB

Dampingi Peternak di Desa Golokan, Babinsa Koramil Sidayu Bagi Tips Sukses Beternak Sapi

i

Foto: Dok Korem 084/BJ - ARTIK.ID

SURABAYA | ARTIK.ID - Ternak sapi menjadi salah satu sektor yang menjanjikan keuntungan bagi para pelakunya. Tingginya permintaan daging sapi, baik untuk konsumsi harian maupun acara keagamaan, membuka peluang pasar yang menggiurkan.

Namun, memulai usaha beternak sapi tidak boleh dilakukan asal-asalan. Diperlukan perencanaan matang dan pengetahuan memadai agar usaha dapat berjalan efektif dan menguntungkan.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Babinsa Koramil Sidayu, Serma Sutomo, dalam kegiatan monitoring wilayahnya di Desa Golokan, Sidayu pada Minggu (24/3/2024), menekankan pentingnya pendampingan bagi peternak sapi.

"Selama ini, kami aktif mendampingi warga, khususnya peternak sapi binaan di Desa Golokan," ungkap Serma Sutomo.

Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam beternak sapi, antara lain faktor pakan sebagai faktor utama yang vital dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan sapi.

"Pemilihan jenis pakan yang tepat akan meningkatkan kualitas daging," kata Serma Sutomo.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Serma Sutomo memaparkan, selain makanan, berikutnya adalah masalah kandang yang nyaman dan bersih. Hal itu sangat penting untuk menjaga kesehatan sapi. Kandang harus memiliki ventilasi yang baik dan terhindar dari predator.

Sehingga keselamatan dan kesehatan sapi dapat terjaga. setelah itu dilakukan pemberian vaksin dan pemeriksaan kesehatan secara rutin

"Perawatan yang tepat membuat ternak selalu sehat sehingga peternak dapat mengembangkan usahanya dengan baik. Selain itu, juga perlu diperhatikan menjaga kebersihan kandang. Karena itu juga kunci utama dalam menjaga kesehatan ternak," pungkas Serma Sutomo.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Dampingi Peternak di Desa Golokan, Babinsa Koramil Sidayu Bagi Tips Sukses Beternak Sapi". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU