Empat Anggota MRP Papua Barat Dilantik, John Wempi Ingatkan Kawal Hak Masyarakat

author awsnews.id

- Pewarta

Senin, 25 Mar 2024 14:40 WIB

Empat Anggota MRP Papua Barat Dilantik, John Wempi Ingatkan Kawal Hak Masyarakat

i

Foto: Dok Kominfo Papua Barat

MANOKWARI | ARTIK.ID - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo resmi melantik empat anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Barat sisa masa jabatan 2023-2028.

Pelantikan ini dilangsungkan di salah satu hotel di Manokwari pada Sabtu (23/3/2024) dan dihadiri oleh Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere beserta Forkopimda.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Empat anggota MRP Papua Barat yang dilantik terdiri dari tiga pria unsur adat dan satu wanita unsur agama, yaitu Joni Inden (aa - Orocomna), Wilson Mathias Hegemur, dan Maria Imaculata Saimar.

Dalam arahannya, Wamendagri menekankan pentingnya tugas MRP dalam mengawal proses seleksi anggota DPRK dan DPRP jalur pengangkatan agar dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Saat ini, tahapan seleksi sedang diproses dan ditargetkan Permendagri untuk seleksi tingkat provinsi akan diterbitkan minggu depan. Sementara untuk DPRK, jalur pengangkatan merujuk pada Peraturan Gubernur.

“Mohon dukungan kepada Pak Gubernur untuk segera kita laksanakan, karena DPR yang kita angkat, baik Provinsi maupun kabupaten akan dilantik bersamaan dengan DPR hasil pemilu 14 Februari 2024," kata John Wempi.

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

John Wempi menjelaskan, MRP mengusulkan tiga orang sebagai representasi masyarakat adat untuk menjadi calon anggota pansel provinsi dan dibentuk di masing-masing kabupaten sesuai keputusan MRP Papua Barat.

Dirinya berharap, tahapan seleksi agar dapat dijalankan secepatnya mengingat akan diadakannya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 pada tanggal 27 November mendatang.

John Wempi menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota MRP yang dilantik dan mengingatkan mereka dapat menjalankan amanah dengan baik dalam mengawal hak-hak masyarakat di Papua Barat.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

“Mohon dukungan bersama Pemerintah Daerah, Pangdam, Kapolda, Kabinda dan kita semua untuk mengawal proses Pilkada yang akan berjalan. Kalau kita sukses pileg dan pilpres, kita harapkan pemilihan Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota, Gubernur dan Wakil Gubernur kedepan bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

(ark)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Empat Anggota MRP Papua Barat Dilantik, John Wempi Ingatkan Kawal Hak Masyarakat". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU