Biografi Sukhoi Su-27, Legenda Flanker yang Bertahun-tahun Membuat NATO Bergidik

author awsnews.id

- Pewarta

Sabtu, 30 Mar 2024 01:10 WIB

Biografi Sukhoi Su-27, Legenda Flanker yang Bertahun-tahun Membuat NATO Bergidik

i

© Russian Defence Ministry/TASS

SURABAYA | ARTIK.ID - Pesawat tempur Sukhoi Su-27, dikenal dengan kode NATO Flanker, merupakan hasil karya Biro Desain Sukhoi Uni Soviet. Dirancang sebagai saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat seperti F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18 Hornet, Su-27 memiliki keunggulan dalam hal jangkauan, persenjataan, dan kelincahan.

Kesalahpahaman sering muncul terkait peran Su-27. Berbeda dengan MiG-29 yang dirancang sebagai pesawat tempur jarak dekat, Su-27 difokuskan pada peran interseptor dan superioritas udara jarak jauh.

Baca Juga: Banjir dan Lahar Dingin di Sumbar, Update Terbaru Korban Meninggal 43 Orang

Kehadiran Su-27 Flanker dan MiG-29 Fulcrum di pertengahan 1980an menjembatani kesenjangan teknologi dengan Blok Barat, yang sebelumnya unggul dengan F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon.

Didesain dengan sistem kontrol fly-by-wire dan kemampuan membawa hingga 10 rudal udara-ke-udara, Su-27 mencengangkan dunia dengan manuvernya yang luar biasa. Purwarupa pertamanya, "Flanker-A", terbang pada 20 Mei 1977, dan resmi diluncurkan dengan julukan "Flanker B" pada tahun 1984.

Pengembangan Su-27 rampung di awal 1980an, menghasilkan lebih dari 40 rekor dunia dalam hal kecepatan, ketinggian, dan lepas landas. Keluarga pesawat ini meliputi pesawat latih Su-27UB, pesawat tempur Su-33, pesawat multi-misi Su-37, dan spesialis dua tempat duduk Su-32FN.

Su-27UB, versi dua tempat duduk Su-27, terbang perdana pada Maret 1985. Pesawat ini tidak hanya beroperasi di Rusia dan negara-negara CIS, tetapi juga di Afrika, China, dan Vietnam.

China bahkan membeli lisensi untuk memproduksi Su-27 sendiri. Pada tahun 1997, Sukhoi menandatangani kontrak senilai $180 juta dengan Vietnam untuk memasok 6 Su-27 (2 Su-27SK dan 4 Su-27UB).

Baca Juga: Siswa MIN 4 Jembrana Mengukir Prestasi dengan Meraih Juara Favorit Pildacil Se Provinsi Bali

Dua dari pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat pengangkutan, dan Vietnam diprediksi telah membeli 24 Su-27 senilai $800 juta di akhir milenium lalu.

Mesin terbang ini memiliki dua mesin internal dengan "air intake" berbentuk kotak dan terpotong diagonal di bawah sayap. Versi produksi mulai digunakan oleh Angkatan Udara Soviet pada tahun 1984, meski sempat terhambat oleh masalah produksi.

Penggunaannya terbagi antara Pertahanan Anti Serangan Udara Soviet (Voyska PVO) sebagai interseptor dan Angkatan Udara Soviet (VVS) sebagai pesawat serang udara, menargetkan pesawat bahan bakar dan AWACS NATO.

Pada bulan Juni 1989, Su-27 dan Su-27UB menarik perhatian dunia di pameran kedirgantaraan Le Bourget. Manuver luar biasa yang ditunjukkan pilot V.G. Pugachov dan Ye.I. Frolov memantapkan Su-27 sebagai bukti pencapaian tertinggi industri penerbangan Rusia.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim, Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Keunggulan Su-27 juga terbukti di pasar global. Sejak tahun 1991, varian ekspor Su-27SK dan Su-27UBK diproduksi di Komsomolsk-on-Amur dan Irkutsk, dan telah diekspor ke China, Vietnam, Ethiopia, dan Indonesia.

(red)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di artik.id dengan judul "Biografi Sukhoi Su-27, Legenda Flanker yang Bertahun-tahun Membuat NATO Bergidik". lihat harikel asli disini

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU